Pendaftaran STAN 2021: Beasiswa Ikatan Dinas STAN

Daftarbeasiswa.com| Pendaftaran STAN 2021 sudah dibuka bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ikatan dinas selain pada Ikatan Dinas IPDN yang sudah kita bahas sebelumnya. Program pendidikan ini adalah beasiswa penuh diberikan kepada anda selama pendidikan dan nantinya jika anda sudah menyelesaikan pendidikan anda akan diterima sebagai ASN (PNS). Untuk informasi beasiswa ikatan dinas lainnya bisa anda baca di sini.

Pendaftaran STAN 2021
Pendaftaran STAN 2021

Baca juga” Beasiswa Ikatan Dinas IPDN

Pendaftaran PKN STAN 2021

Perlu anda ketahui bahwa PKN STAN dikenal dengan Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan perguruan tinggi di Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi di Bidang Keuangan Negara. Pendaftaran STAN 2021 selalui di tunggu lulusan SMA SMK Sederajat untuk mendaftarkan diri pada sekolah kedinasan melalui program beasiswa ikatan dinas ini. Banyak benefit yang akan anda dapatkan jika anda dinyatakan diterima pada program beasiswa ini.

Komponen Beasiswa

Berikut ini benefit dan komponen pembiayaan beasiswa yang akan anda dapatkan jika anda dinyatakan di terima pada program pendidikan kedinasan STAN ini diantaranya:

  1. Penerima program mendapatkan beasiswa penuh selama pendidikan
  2. Penerima program akan mendapatkan tempat tinggal, makan dan akomodasi selama pendidikan
  3. Setiap lulusan program ikatan dinas ini nantinya akan menjadi CPNS dilingkungan Kementrian keuangan atau lembaga yang ditempatkan oleh pemerintah
  4. Penempatan mahasiswa yang dinyatakan lulus pada Seleksi Pendaftaran PKN STAN Tahun 2021 pada Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah akan dilakukan setelah mahasiswa menyelesaikan pendidikan.

Program Studi Piihan

Berdasarkan surat resmi yang dikeluarkan oleh PKN STAN terdapat 3 program studi yang ditawarkan pada beasiswa ikatan dinas ini. Total kuota mahasiswa yang diterima berjumlah 275. Berikut ini program studi yang ditawarkan kepada anda:

  1. Program Studi Diploma IV Akuntansi Sektor Publik
  2. Program Studi Diploma IV Manajemen Keuangan Negara
  3. Program Studi Diploma IV Manajemen Aset Publik
Baca Juga  Beasiswa Mahaghora 2020-2021: Beasiswa D4 dan S1 Mahasiswa Baru

Kategori Program Pendidikan

Penyelenggara memberikan dua jenis kriteria program untuk para pelamar, berikut ini kriteria program yang bisa anda coba:

Program Reguler

Program reguler pada pendaftaran STAN 2021 adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah.

Program Afirmasi

Program afirmasi STAN 2021 adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan

Persyaratan Pendaftaran

Berikut ini persyaratan yang dibutuhkan pada program pendaftaran STAN 2021 :

  1. Persyaratan lulusan calon penerima program
    a. Program Reguler: diperuntukan untuk anda lulusan (tahun 2020 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2021) semua SMA/SMK/sederajat; atau
    b. Program Afirmasi diperuntukkan untuk anda calon lulusan tahun 2021 semua SMA/SMK/sederajat.
  2. Persyaratan nilai (perlu anda catat dan ketahui bahwa nilai ini bukan hasil pembulatan) bagi peserta pelamar antara lain:
    a. lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, mempunyai rata-rata nilai ujian pada ijazah minimal 70,00 dengan skala 100,00; atau
    b. calon lulusan tahun 2021, mempunyai rata-rata nilai rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) minimal 70,00 dengan skala 100,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan mempunyai rata-rata nilai ujian pada ijazah minimal 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia minimal 15 tahun dan maksimal 21 tahun pada tanggal 1 September 2021, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 tidak diperkenankan untuk mendaftar.
  4. Telah terdaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Tahun 2021.
  5. Mempunyai nilai minimal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK sebesar 600 untuk peserta program reguler atau 400 untuk peserta program afirmasi.
  6. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  7. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
  8. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan).
  9. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.
  10. Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.
  11. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
    a. telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD)/sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;
    b. mempunyai garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan
    c. mendapatkan rekomendasi dari SMA/sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 usulan terbaik.
Baca Juga  Pendaftaran STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) Ikatan Dinas

Prosedur Pendaftaran

Prosedur Pendaftaran STAN 2021 dilakukan secara online pada portal pendaftaran yang sudah di tentukan. Berikut ini tahapan pendaftaran yang bisa anda perhatikan dan catat. Perlu anda ketahui bahwa anda diperkenankan mendaftarkan pada 1 program sekolah kedinasan. Jika anda nantinya ditemukan mendaftarkan diri pada 2 sekolah atau lebih maka anda dinyatakan gugur, silahkan anda catat tahapan berikut:

  1. Silahkan anda lakukan pendaftaran pada portal berikut : Dikdin SCCN
  2. Khusus untuk anda calon peserta program afirmasi maka anda harus mempersiapkan dan mengunggah tambahan dokumen sebagai berikut:
    a. Ijazah SD dan Ijazah SMP
    b. Akta Kelahiran peserta, KTP ayah/ibu kandung, dan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Desa
    c. Surat rekomendasi dari SMA/Sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 usulan terbaik (Unduh Surat Rekomendasi)
    d. Cetak kartu pendaftaran anda
  3. Selanjutnya peserta mengisi formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id untuk memilih program studi dalam sekolah kedinasan yang akan anda ikuti.

Deadline Pendaftaran STAN 2021

Berikut ini deadline pendaftaran yang perlu anda cermati: bahwa batas akhir pendaftaran PKN STAN Tahun 2021 di portal https://sscasn.bkn.go.id sampai dengan 30 APRIL 2021. Untuk batas waktu pendaftaran online di portal https://spmb.pknstan.ac.id sampai dengan 4 MEI 2021.

Panduan Pendaftaran

Berikut ini pengumuman resmi dan panduan pendaftaran serta surat rekomendasi yang anda butuhkan. Silahkan anda unduh dan pelajari di sini:

  1. Panduan Pendaftaran
  2. Surat Rekomendasi

Kontak Resmi

Untuk informasi lebih lanjut silahkan anda kunjungi wesbite penyelenggara dan jika anda memiliki pertanyaan silahkan anda hubungi kontak yang sudah disediakan.

Website : STAN

Kontak

spmb@pknstan.ac.id.

Informasi terkait SPMB PKN STAN dapat diakses melalui Twitter (@pknstanid), Facebook (PKN STAN), Instagram (@pknstan), dan Youtube (PKN STAN).

Baca Juga  Pendaftaran Politeknik Siber dan Sandi Negara 2021 2022: Beasiswa Ikatan Dinas

Demikianlah informasi tentang pendaftaran STAN 2021 sudah dibuka, silahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda yang membutuhkan.

3.2/5 - (17 votes)

Tinggalkan komentar