Motivasi Mengikuti Beasiswa: Motivation Letter Beasiswa

Motivasi mengikuti Beasiswa atau dikenal dengan Motivation Letter Beasiswa seseorang akan berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Namun secara umum motivasi seseorang mengikuti program beasiswa utamanya adalah untuk mencari program yang bisa membantu dalam hal pendidikan serta biaya hidup selama menjalani pendidikan. Motivasi mengikuti beasiswa ini biasanya dijadikan essay untuk salah satu sarat program beasiswa selain CV program beasiswa dan Essay Beasiswa lainnya.

Motivasi mengikuti Beasiswa
Motivasi mengikuti Beasiswa

Cara Menulis Motivation Letter Beasiswa

Jika anda diminta untuk menuliskan Motivasi anda mengikuti beasiswa dalam bentuk motivation letter beasiswa, maka hal yang utama yang perlu anda ketahui adalah apa yang menjadi dasar dan alasan utama anda mengikuti program beasiswa. Setelah itu silahkan anda tentukan pilihan program mana yang cocok dengan pendidikan dan cari tahu terlebih dahulu secara umum tentang program beasiswa tersebut.

Secara umum struktur dari Motivation Letter Beasiswa terdiri dari pembukaan, isi dan penutup. Namun sebelum melanjutkan pembahasan kita, apakah anda sudah mengetahui yang dimaksud dengan motivation letter? Motivation letter adalah surat yang menggambarkan secara umum bahwa anda adalah pelamar yang tepat untuk mendapatkan program ini berdasarkan motivasi anda untuk mencoba program beasiswa tersebut.

Struktur Motivation Letter

Sudah dijabarkan di atas bahwa pada intinya struktur motivation Letter Beasiswa terdiri dari 3 yaitu pembukaan, isi dan penutuh. Berikut ini adalah penjelasan dari setiap bagiannya.

Pembukaan

Pada intinya ketika membuat motivation letter program beasiswa harus mencakup tentang 5 W dan 1 H. Dan pada bagian pembukaan, di sini menjawab tentang pertanyaan who, what dan when. Secara sederhana pada bagian ini menjelaskan secara singat tentang siapa anda. Anda bisa memperkenalkan:

  • Memperkenalkan data diri anda
  • Menjelaskan program studi, jurusan dan universitas anda
  • Serta menjelaskan kondisi saat ini dan alasan anda mengambil jurusan ini
Baca Juga  Beasiswa FOJB Scholarship: Beasiswa Pengurus Osis Untuk Kuliah S1

Isi

Perlu di ingat pada bagian ini adalah bagian utama dan terpenting dari motivation letter. Anda harus menjabarkannya secara singkat dan padat. Anda tidak harus mengulang isi dari CV Beasiswa yang sudah anda tulis.

Secara garis besar, pada bagian isi anda menjelaskan pengalaman dan kondisi anda saat ini, serta tantangan yang akan anda hadapi. Anda juga harus menjelaskan alasan anda mengapa anda mengikuti program beasiswa tersebut serta apa yang menjadi tujuan anda.

Penutup

Pada bagian ini tidak kalah pentingnya dari bagian yang lain. Pada bagian yang lain anda sudah menjelaskan tentang siapa anda dan apa alasan anda untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa. Pada bagian ini anda harus menyakinkan pantia penyelenggara program bahwa anda adalah kandidat yang tepat untuk mendapatkan program ini.

Pilihlah kata-kata yang tepat dan tidak terlalu lebai ya dan menyakinkan panita penyelenggara. Terkadang tulisan yang lebai dan tidak masuk akal tidak di sukai oleh panitia. Namun tulisan yang natural dan menyatakan kondisi anda itu yang bisa membuat panitia merasa teryakini bahwa anda adalah pilihan yang tepat.

Motivasi Mengikuti Beasiswa

Finansial Meringakan Biaya Kuliah

Alasan utama seseorang mengikuti sebuah program beasiswa adalah untuk meringankan biaya kuliah. Karena pada dasarnya secara umum seorang yang mendaftarkan pada program beasiswa pasti ingin mendapatkan bantuan dana dari pihak luar dalam hal pembiayaan.

Nyatakan kondisi anda sejujurnya dan bahwa anda membutuhkan program beasiswa tersebut.

Membanggakan Keluarga

Alasan kedua sesorang mendaftarkan diri pada program beasiswa adalah supaya membanggakan orang tua. Ketika seseorang mendapatkan program beasiswa maka orang tua penerima program akan merasa bangga terhadap mahasiswa tersebut.

Baca Juga  Beasiswa Wardah Scholarship: Beasiswa D4 dan S1 Selama 8 Semester

Mengembangkan Keterampilan

Banyak program beasiswa selain menawarkan bantuan biaya pendidikan, penyelenggara memberikan pelatihan yang bisa digunakan untuk menambah kemampuan dan kepribadian yang lebih baik.

Ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang ingin mencoba dan mendaftarkan diri pada program beasiswa.

Demikianlah Motivation Letter serta Motivasi mengikuti beasiswa yang bisa anda jadikan refrensi. Silahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda.

4.8/5 - (12 votes)

7 pemikiran pada “Motivasi Mengikuti Beasiswa: Motivation Letter Beasiswa”

Tinggalkan komentar