Jurusan Hukum Kerja Apa: Yang Perlu Diperhatikan Dalam Prospek Kerja

Jurusan Hukum Kerja Apa– Sejak awal, program studi Hukum telah menarik sejumlah besar mahasiswa baru. Hampir setiap perguruan tinggi di Indonesia memiliki jurusan hukum . Yang pasti, produk khusus ini menciptakan latar belakang yang menarik. Profesi pengacara hingga jaksa mencuri perhatian. Mau tau prospek kerja bagi anda lulusan hukum? Silahkan simak penjelasan berikut ini ya.

Jurusan Hukum Kerja apa
Jurusan Hukum Kerja apa

Tentang Jurusan Hukum

Jurusan ilmu hukum adalah program studi yang mempelajari semua aspek hukum. Sebagaimana kita ketahui bersama, hukum merupakan fenomena prodi yang mempengaruhi banyak aspek kehidupan manusia .

Anggota parlemen juga akan belajar tentang berbagai insiden yang terjadi. Ini termasuk konstitusi, undang-undang privasi data, dan undang-undang lainnya. Pembuat undang – undang juga akan dipengaruhi untuk menganalisis dan menyelesaikan suatu masalah atau situasi. Tidak hanya itu, para sarjana akan didorong untuk memberikan kritik dan mengkaji suatu topik dari beberapa perspektif.

Seperti dalam kasus lain, tesis harus diselesaikan selama satu atau dua semester sebelum menerima penghargaan Sarjana Hukum ( SH ). Mahasiswa tidak hanya akan belajar tentang banyak teori hukum, tetapi mereka juga akan dapat mendiskusikan dan menganalisis beberapa kasus hukum yang telah terjadi.

Mata Kuliah Jurusan Hukum

Ada beberapa mata pelajaran hukum jurusan yang sering diajarkan di setiap sekolah selama per-semester atau semester pertama, antara lain pengenalan ilmu hukum, hukum Indonesia, hukum pidana, hukum perdata, dan masih banyak lagi.

Pada semester berikutnya, mahasiswa diharapkan untuk memilih topik untuk diskusi atau untuk membuat presentasi. Motivasi memungkinkan siswa untuk belajar hukum secara lebih spesifik berdasarkan minat mereka. Pembobotan argumentasi ilmiah dan argumentasi hukum akan berbeda antar universitas, di antara program studi yang ditawarkan di Universitas Merdeka Malang adalah hukum perdata, hukum Islam, hukum adat, hukum ekonomi, hukum pidana, hukum tata negara, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Beasiswa S1 Terbaru 2022-2023

Hukum perdata menjadi salah satu konsentrasi mahasiswa jurusan hukum mengutip laman Universitas Merdeka Malang. Sebagai contoh, undang-undang privasi data mendefinisikan hak dan tanggung jawab individu yang dapat dilakukan di mana pun mereka inginkan. Mahasiswa akan mempelajari hukum keluarga dan hukum waris, hukum perkawinan, hukum kebiasaan, dan lain sebagainya tetapi di konsentrasikan ke hukum perdata.

Prospek Kerja Lulusan Fakultas Hukum

Prospek kerja jurusan ilmu hukum dibuka secara luas. Misalnya seperti Pengacara, hakim, dan jaksa merupakan salah satu profesi prioritas bagi disiplin ilmu hukum. Untuk menjadi seorang pengacara, Anda harus terlebih dahulu menyelesaikan pelatihan hukum khusus. Namun, ini tidak terjadi secara keseluruhan. Mahasiswa hukum juga dapat menjadi konsultan hukum untuk perusahaan atau karir perorangan.

Dengan bantuan pengetahuan tentang hukum, Anda dapat menemukan sejumlah besar profesi yang menggiurkan. Karena ilmu hukum yang dikenal sebagai salah satu jurusan kuliah yang memiliki jangkauan yang luas dan cerah.

Jurusan Hukum Kerja Apa? Berikut ini ada beberapa prospek kerja bagi orang yang memiliki disiplin prodi hukum :

Jaksa atau Hakim

Anak hukum cukup akrab dengan profesi hakim dan jaksa, keduanya diciptakan oleh para lulusan professor hukum. Hakim mendedikasikan dirinya untuk menganalisis, memeriksa dan mengadili situasi apa pun yang muncul.

Dilain tempat, Jaksa sedang memperbaiki kesalahan yang terjadi selama investigasi. Pada akhirnya, seseorang akan berselisih paham dengan seseorang yang melakukan sesuatu kesalahan yang disinyalir melakukan pelanggaran tindak hukum.

Konsultan Hukum

Profesi pertama yang mungkin bisa Anda peroleh setelah wisuda adalah sebagai konsultan hukum. Yaitu dengan bekerja di berbagai perusahaan konsultan yang membantu berbagai individu dan bisnis yang sedang berkembang. Pengetahuan tentang hukum, terminologi hukum, dan evolusi prosedur hukum di Indonesia. Ini akan sangat membantu proses ekspansi perusahaan agar sesuai dengan persyaratan hukum.

Baca Juga  BeasiswaQ by IELTSku: Beasiswa Pelajar dan Mahasiswa

Notaris

Pernahkah Anda mengganti nama suatu aset, baik itu rumah atau tanah ? Prosedur tersebut dilakukan dengan bantuan notaris, dan notaris sendiri merupakan sumber ilmu hukum. Jadi, jika Anda membutuhkan notaris, Anda bisa mendapatkannya .

Notaris adalah pejabat sah yang memiliki wewenang untuk membuat akta autentik. Akibatnya, Anda harus berhati-hati saat membuat dokumen penting seperti laporan tahunan perusahaan, laporan mingguan perusahaan, laporan harian perusahaan, dan sebagainya.

Staf Hukum

Jika Anda ingin bekerja di startup atau perusahaan besar, Anda dapat melamar posisi hukum. Perusahaan akan membutuhkan keahlian hukum untuk mengelola tunjangan karyawan, penggajian dan tugas administratif  lainnya. Lulusan ilmu hukum adalah calon yang potensial untuk mengisi posisi staf hukum.

Ilmu Hukum sebagai Dosen

Apakah Anda ingin belajar sesuatu ? Sebagai hasil dari proses pembelajaran ilmu hukum, Anda mungkin menjadi seorang dosen.Yakni menjadi dosen fakultas hukum yang mendidik mahasiswanya memiliki ilmu tentang mata kuliah tersebut. Salah satu persyaratan menjadi dosen adalah harus melanjutkan ke jenjang pascasarjana S2 maupun Doktor S3.

Bagi anda yang mau melanjutkan pascasarja silahkan anda coba Beasiswa S2 dan Beasiswa S3 yang bisa membantu anda dalam hal pembiayaan dan biaya hidup selama kuliah.

HRD di Staf

Studi hukum  juga dapat mengarah pada posisi sebagai direktur sumber daya manusia dalam bisnis apa pun. Lulusan ilmu hukum yang dibutuhkan perusahaan untuk mengatur kerja antara karyawan dengan perusahaan, yang tentu saja harus sesuai dengan aturan pemerintah dan dinas ketenagakerjaan. Karena itu , bisnis apa pun  itu, akan meningkatkan pentingnya pengetahuan hukum dalam kurikulum HRD, selain psikologi.

Diplomat

Sebagai hasil dari pendidikan hukum Anda, Anda mungkin bisa menjadi diplomat. Diplomat diciptakan tidak hanya oleh hukum internasional, tetapi juga oleh ilmu hukum. Misalnya, jika Anda memiliki karakter yang kuat tentang hukum internasional, Anda dapat dengan mudah menjadi diplomat. Diplomat akan menjadi wakil negara dan bermukim di negara lain, yang akan memberi pekerjaan dengan seru dan tinggi gaji.

Baca Juga  Beasiswa Riset Baznas: Beasiswa Skripsi, Thesis dan Disertasi 2022-2023

Staf di Kementerian

Kementerian dan BUMN di tanah air memiliki kebutuhan yang tinggi terhadap sarjana ilmu hukum. Alhasil, meski baru memulai studi di bidang hukum, Anda bisa bekerja sebagai guru di BUMN atau di kantor pemerintahan. Selain sebagai profesional papan atas dan memiliki gaji tinggi, Anda mungkin juga memiliki kesempatan untuk memajukan karir Anda dengan menjadi menteri.

Kementerian Hukum dan HAM juga selalu membuka pintu bagi lulusan sarjana hukum yang ingin atau sedang berkarir di lembaga tersebut. Serta masih banyak lagi institusi dan lembaga pemerintahan lainya bagi orang yang mempunyai pengetahuan hukum untuk berkarir seperti Makamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK) sampai kedaerah lembaga hukum di tingkat Provinsi juga ada.

Pengacara Advokad

Untuk itu, seorang pengacara mungkin bekerja sebagai petugas hukum di sebuah perusahaan. ini adalah sebuah profesi yang berdedikasi untuk mengajar berbagai topik yang berkaitan dengan etika bisnis serta pembelaan terhadap terdakwa agar proses sidang berjalan dengan semestinya serta meringankan keputusan hukum yang dijatuhkan hakim. Lulusan hukum juga bisa bekerja sebagai Pengajara Advokad. Namun, untuk menjadi Advokad, Anda harus terlebih dahulu menyelesaikan pendidikan sertifikasi Advokad terlebih dahulu.

Ini adalah ringkasan dari prinsip-prinsip hukum yang dapat dipertimbangkan saat memilih program studi. Semoga ini bisa menjadi refrensi bagi anda yang ingin mengambil studi hukum untuk profesi masa depannya, semoga berhasil !

Penulis

Agung Rahadi Yuniarto

Mahasiswa Universitas Merdeka Malang

5/5 - (62 votes)

Tinggalkan komentar