Daftar Beasiswa S1 Australia untuk Pelajar Indonesia

Daftar Beasiswa S1 Australia- Australia atau juga sering disebut sebagai Negara Kanguru ini merupakan salah satu negara yang paling banyak diminati sebagai destinasi pendidikan oleh pelajar internasional. Memiliki kemiripan iklim yang sama dengan negara Indonesia serta keindahan alam yang ditawarkan, Australia memberikan paket lengkap bagi para pelajarnya untuk merasakan pendidikan bertaraf kelas dunia. Selain karena sistem pendidikannya yang diakui oleh dunia, hampir lebih dari 8 universitas di Australia masuk ke dalam jajaran 100 universitas terbaik dunia versi QS Ranking World 2022. Begitu juga dengan banyaknya pilihan program studi yang ditawarkan, baik dari bidang ilmu sains dan humaniora.

Daftar Beasiswa S1 Australia
Daftar Beasiswa S1 Australia

Namun, terlepas dari pendidikan kelas dunia yang ditawarkan, biaya untuk berkuliah di Australia tentu saja tidak murah. Eits, tetapi jangan khawatir, karena sekarang sudah banyak sekali beasiswa-beasiswa khususnya bagi anak SMA yang ingin melanjutkan kuliah S1 di Australia. Yuk, simak kumpulan beasiswa S1 Australia berikut dan catat deadlinenya

Beasiswa Macquarie University

Macquarie University menduduki peringkat 200 dunia versi QS Ranking World 2022. Universitas ini didirikan pada tahun 1964 dan menjadi universitas terbesar ketiga di kota Sydney, Australia. Jurusan yang ditawarkan pun sangat beragam.

Beasiswa Macquarie bagi mahasiswa baru S1 dan S2 ini memberikan beasiswa berupa potongan uang fee kuliah sebesar 105 juta/ AUD $10.000 per-tahunnya. Beasiswa ini akan diberikan kepada mahasiswa internasional yang akan melanjutkan kuliahnya di Macquarie di Australia.

Persyaratan yang dibutuhkan antara lain yaitu, merupakan warga negara ASEAN (Indonesia, Kamboja, Malaysia, dll), memiliki nilai kualifikasi bahasa Inggris (TOEFL, IELTS, PTE, dll) yang memenuhi persyaratan untuk program studi yang diminati, serta kebutuhan berkas seperti, paspor dan transkrip nilai SMA. Beasiswa ini biasanya akan dibuka pada September setiap tahunnya untuk masa mulai kuliah di bulan Februari dan Juli di tahun berikutnya.

Baca Juga  Beasiswa Leads Scholarship untuk Pelajar SMA SMK dan Mahasiswa

Informasi lebih lanjut silahkan anda baca di sini

Beasiswa Australia Award

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Australia untuk pelajar internasional yang tertarik berkuliah di Australia. Beasiswa ini cocok sekali dengan kamu yang memiliki pengalaman leadership dan ingin mengembangkan potensi diri.

Keuntungan dari beasiswa ini pun sangat banyak, diantaranya akan diberikan pelatihan sebelum keberangkatan kuliah di Australia, Tiket PP (Indonesia-Australia), biaya pendidikan kuliah, serta uang saku yang cukup untuk akomodasi dan kebutuhan selama di Australia. Untuk persyaratan yang dibutuhkan, yaitu merupakan warga negara Indonesia (Bukan warga Australia dan tidak mempunyai hubungan suami/istri warga Australia), bukan anggota militer yang bertugas, dan belum pernah mendapatkan beasiswa Australia Award sebelumnya.

Sedangkan dokumen yang dibutuhkan adalah, akte lahir, paspor, transkrip nilai SMA, serta nilai kualifikasi bahasa Inggris (TOEFL, IELTS). Pantau terus info Beasiswa Australia Award ini pada setiap bulan Februari hingga April setiap tahunnya.

Jika anda ingin mendaftarkan pada program Beasiswa AAS silahkan anda baca di sini

Beasiswa Indonesia Global Leadership (The University of Queensland)

Beasiswa ini diberikan langsung oleh University of Queensland untuk para pelajar internasional yang memiliki minat terkhusus dalam bidang hukum, bisnis, serta ekonomi. University of Queensland termasuk dalam jajaran 50 universitas terbaik dan terkemuka dunia versi Academic Rankings of World Universities (ARWU), termasuk juga universitas terbaik ketiga di Australia. Universitas ini berdiri pada tahun 1909 dan disebut sebagai universitas tertua di Queensland. Hampir seluruh jurusannya pun masuk ke dalam jurusan peringkat dunia, salah satunya bisnis dan ekonomi.

Value yang diberikan dari beasiswa ini cukup banyak, diantaranya yaitu; mendapat bantuan biaya pendidikan selama kuliah S1 dengan jumlah antara $5000 hingga $10.000, (akan disesuaikan oleh panitia penyelanggara), selain itu juga akan mendapatkan kesempatan emas untuk meningkatkan skill leadership melalui pelatihan-pelatihan di UQ Global Leaders Community.

Sedangkan persyaratan yang dibutuhkan adalah, tercatat sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) serta menetap dalam waktu tertentu, tidak sedang mendapat beasiswa dari lembaga lain, telah mendapat offer letter untuk berkuliah di University of Queensland, serta memiliki prestasi dan nilai yang bagus baik segi akademis maupun non-akademis. Untuk dokumen yang dibutuhkan berupa, surat recommendation letter (rekomendasi) dalam bahasa Inggris dari guru sekolah tentang diri kamu, personal statement (mencantumkan alasan mengapa memilih universitas dan jurusan di UQ serta cita-cita masa depan mu), dan terakhir mencantumkan resume pribadi berisi tentang biodata dan kegiatan-kegiatan relevan yang pernah kamu lakukan semasa SMA. Beasiswa ini akan dibuka setiap pada akhir tahun (Desember-Januari), pastikan untuk selalu memantau beasiswa ini dari website University of Queensland.

Baca Juga  Beasiswa Chevening Scholarships: Beasiswa Pascasarjana di UK

Link: https://scholarships.uq.edu.au

Beasiswa International Scientia Coursework Scholarship UNSW

Beasiswa internasional ini dikeluarkan oleh University New South Wales (UNSW), Sydney khusus bagi para pelajar asing yang memiliki minat melanjutkan studi di Australia khususnya di UNSW. UNSW juga termasuk dalam universitas 50 terbaik dunia dari QS Ranking World 2022, dengan urutan nomor 1 terbaik di Australia versi UniRank 2022, tentu saja kualitas pendidikannya tidak diragukan lagi.

Tersedia 2 penawaran dalam beasiswa ini. Penawaran 1: Akan mendapatkan beasiswa full biaya pendidikan kuliah (tution fees) selama minimum durasi program, dan penawaran 2: mendapatkan $20.000 per tahun dibayar secara langsung untuk biaya pendidikan (tution fee) selama minimum masa durasi program jurusan S1. Selain mendapatkan bantuan biaya, para penerimanya juga akan mendapatkan garansi ‘fast-track’ dan juga wawancara di UNSW Kensington College, mendapatkan undangan dalam banyak kegiatan UNSW networking, dan juga upacara penerimaan award bagi awardees nya.

Untuk memenuhi persyaratannya, pelamar merupakan warga negara asing (bukan Australia), sudah diterima di UNSW dengan masa studi full-time, dan telah mendapat letter of offer. Pelamar akan dipilih berdasarkan prestasi akademik, skill kepemimpinan yang dimiliki, aktivitas volunteer/work/extra-curricular dan alasan melanjutkan studi di UNSW. Beasiswa ini akan ditutup sebelum akhir Juli setiap tahunnya. Link: https://www.scholarships.unsw.edu.au/unsw-scholarships-international-students-commencing-term-3-2022

Baca Juga  Beasiswa Utusan Daerah S1 15 Juta per Semester

Beasiswa Pendidikan Indonesia

Beasiswa dari pemerintah Indonesia (LPDP) ini tentu sudah tidak asing lagi. Ada banyak universitas di Australia yang masuk ke dalam list perguruan tinggi di program beasiswa ini. Beasiswa ini biasanya akan dibuka perkiraanya sekitar bulan April hingga Juni pada setiap tahunnya (jika tidak ada perubahan). Untuk berkuliah S1 ke Australia, kalian bisa memilih pada kategori pertama, yaitu pendidikan S1 ke luar negeri (Beasiswa Indonesia Maju Luar Negeri).

Persyaratan umum antara lain, usia saat mendaftar maksimal adalah 22 tahun, merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki sertifikat bahasa sesuai negara tujuan (TOEFL, IELTS, PTE, TOPIK, TOAFL, dsb), sudah diterima di perguruan tinggi tujuan, berkuliah penuh, single degree, tidak jarak jauh serta tidak on-going, telah menyelesaikan SMA, dan tidak mendapatkan beasiswa dari instansi lain.

Selain itu, dokumen yang dibutuhkan adalah Ijazah, Surat Sehat Jasmani, Surat Pernyataan Komitmen, Esai (berisi kontribusi, cita-cita yang dilakukan setelah pulang ke Indonesia). Keuntungan yang didapatkan dari beasiswa ini yaitu, tiket pesawat (PP), biaya kuliah/tution fee, uang saku, dan biaya hidup di negara tujuan.

Silahkan anda baca informasi lebih lanjut disini

Demikian, kesempatan beasiswa S1 untuk berkuliah ke Australia. Persiapkan dirimi jauh-jauh hari, mulai dengan berlatih dan memiliki tes kualifikasi bahasa, yaitu bahasa Inggris, seperti TOEFL/IElTS, sehingga memudahkan proses aplikasi beasiswa. Jangan lupa untuk memperhatikan dokumen penting lainnya, seperti Ijazah, transkrip nilai, serta paspor yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris untuk mempercepat proses aplikasi beasiswa. Jangan lupa juga untuk terus berdoa dan berusaha dalam prosesnya. Good luck!

5/5 - (61 votes)

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!