Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa yang biasanya menjadi salah satu syarat dalam pendaftaran program beasiswa contohnya beasiswa Unggulan, beasiswa KIP Kuliah, beasiswa PPA, Beasiswa BBM dan program beasiswa D3 D4 S1, beasiswa pelajar baik Dalam negeri maupun beasiswa luar negeri.

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa
Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Tentang Surat Rekomendasi Beasiswa

Pengertian Surat Rekomendasi Beasiswa kita mengacu pada kamus besar bahasa Indonesia. Surat adalah sesuatu yang ditulis yang memiliki maksud dan tujuan. Sedangkan rekomendasi adalah saran yang menganjurkan (membenarkan dan menguatkan). Sehingga surat rekomendasi beasiswa adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh lembaga, instansi, pendidik yang membenarkan, menguatkan bahwa yang direkomendasikan layak untuk mendapatkan beasiswa.

Refrensi lainnya menyatakan bahwa Surat rekomendasi beasiswa adalah dokumen yang ditulis oleh seseorang yang mengenal Anda baik, seperti dosen, supervisor pekerjaan, atau tokoh masyarakat, dengan tujuan memberikan rekomendasi positif tentang kemampuan, karakter, dan prestasi akademik Anda. Surat ini menjadi salah satu faktor penentu dalam proses seleksi penerima beasiswa yang menjadi penilaian oleh pemberi program beasiswa.

Beberapa penyelenggara program beasiswa biasanya surat rekomendasi beasiswa sebagai salah satu persyaratan program beasiswa tersebut. Biasanya surat tersebut diminta dari pemimpin Universitas anda, atau bisa dosen pembimbing akademik. Beberapa penyelenggara program biasanya sudah menyediakan format baku dalam persyaratannya, silahkan anda gunakan format yang diberikan penyelenggara. Namun jika tidak memberikan, maka anda bisa menggunakan contoh surat rekomendasi beasiswa yang akan kita bahas kali ini.

Susunan Surat Rekomendasi Beasiswa

Sebelum kita membahas contoh surat rekomendasi beasiswa, perlu anda ketahui lebih dulu adalah bagaimana susunan surat rekimendasi beasiswa itu sendiri. Susunan surat ini tidak baku berdasarkan lembaga instansi atau perorangan yang memberikan rekomendasi. Jika lembaga atau perorangan yang mewakili sebuah instansi resmi maka surat rekomendasi baiknya menggunakan Kop surat lembaga tersebut. Namun jika surat ini merupakan perorangan maka tidak perlu menggunakan kop surat. Berikut ini sususan Surat Rekomendasi Resmi:

  1. Kop Surat (jika mewakili lembaga atau instansi resmi)
  2. Judul Surat, Silahkan di tulis dengan huruf kapital dan huruf tebal (Bold)“ SURAT REKOMENDASI BEASISWA
  3. Tanggal dan Nomor Surat disesuaikan dengan format instansi yang mengeluarkan
  4. Isi Surat
  5. Penutup
  6. Tanda tangan & Stampel
Baca Juga  Contoh Surat Permohonan Beasiswa yang Bisa Anda Unduh

Bagian-bagian Surat Rekomendasi

Surat Rekomendasi pada intinya sama halnya surat resmi pada umumnya, berikut ini bagian-bagian surat rekomendasi yang perlu anda perhatikan:

Data orang Yang Merekomendasikan/ Atau di Rekomendasikan

Ini adalah hal yang sangat perlu perhatian khusus anda sebagai pencari beasiswa. Silahkan anda cari dan tentukan seseorang yang memang layak dan kredibel memberikan rekomendasi kepada anda. Pada bagian ini, anda harus memberikan data secara benar dan akurat baik dari Nama, tempat dinas instansi, jabatan, alamat, Nomor HP atau alamat email yang aktif dan dapat dihubungi. Karena pada kesempatan lainnya kemungkinan pemberi rekomendasi akan di hubungi untuk memastikan kebenaran data yang di berikan, sehingga anda harus memastikan dengan benar setiap informasi yang diberikan.

Data anda sebagai seseorang yang diberikan rekomendasi juga harus jelas, dari nama, jurusan atau program studi, universitas, NIM dan data diri lainnya. Silahkan di isi dengan benar dan valid, sehingga dikemudian hari data anda dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Deskripsi

Dalam surat ini sangat penting memberikan deskripsi terhadap orang yang diberi rekomendasi, silahkan anda minta kepada pemberi rekomendasi untuk memberikan deskripsi yang positif dan membangun. Namun biasanya, dosen pembimbing kita akan dengan senang hati memberikan deskripsi singkat yang positif.

Kemampuan atau Prestasi

Dalam surat rekomendasi ini juga, pemberi rekomendasi memberikan ulasan tentang kemampuan atau prestasi akademik yang anda miliki. Serta pengalaman berorganisasi juga dapat dijabarkan di sini, hal ini akan memberikan kepercayaan dan menambah nilai anda dalam mengikuti sebuah program beasiswa.

Mengapa Surat Rekomendasi Beasiswa Penting?

Surat rekomendasi beasiswa adalah salah satu aspek yang paling dianggap dalam pengambilan keputusan pemberian beasiswa. Ini menggambarkan kepada pemberi beasiswa siapa Anda, seberapa baik Anda telah berkembang dalam aspek akademik dan non-akademik, serta mengapa Anda layak menerima bantuan keuangan ini.

Baca Juga  Contoh Transkrip Nilai SMA SMK Kuliah untuk Daftar Beasiswa

Jadi silahkan anda minta seseorang yang anda anggap sebagai orang yang penting dan pengaruh. Bisa saja kepala sekolah anda, pejabat di fakultas anda, dosen Pembimbing akademik anda bahkan jika memungkinkan silahkan anda meminta kampus anda untuk membuatkan surat rekomendasi ini untuk anda.

Dan jangan asal-asalan anda mempersiapkan surat rekomendasi ini ya, supaya dokumen yang anda lampirkan ini bisa menambah penilaian pemberi program beasiswa.

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Berikut ini adalah contoh dari beberapa Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa yang dikeluarkan oleh instansi resmi guna menerangkan bahwa  orang yang direkemondasikan adalah orang yang berhak untuk menerima bantuan dana atau beasiswa. Berikut ini contoh surat yang bisa anda sesuiakan dengan kondisi dan pemberi rekomendasi anda.

Contoh 1 Surat Rekomendasi dalam Bahasa Indonesia

SURAT REKOMENDASI

Saya yang bertandatangan:

Nama                           : . . . . . . . . . . . . . . . . . (nama dosen atau pimpinan di lembaga yang anda naungi)

Jabatan                        : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Jurusan / Institusi        : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Fakultas                       : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Universitas                 : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Alamat Email             : ………………………….

No HP                          : ………………………..

Alamat                        : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Saya merekomendasikan mahasiswa kami,

Nama                                   :……………………….

NIM                                     :………………………..

Jurusan/Program studi  :………………………..

Alamat                                :………………………..

Universitas                         :

untuk mendapatkan program beasiswa . . . . . . . . . . . . . yang di selenggarakan oleh. . . . . . . . . . . . .

Oleh karena itu, saya mengharapkan mahasiswa tersebut menjadi salah satu penerima beasiswa ……………. Berikut ini hal yang dapat di pertimbangkan tentang mahasiswa tersebut:

  1. Memiliki catatan akademik yang baik
  2. Tidak pernah terlibat dalam pelanggaran hukum dan peraturan Universitas
  3. Aktif dalam berorganisasi

Demikian surat rekomendasi ini dibuat dengan sebenarnya dan untuk digunakan sebagai mana mestinya.

Dengan hormat,

(tanda tangan dosen)

Nama Pemberi Rekomendasi
NIP:

Contoh Surat Resmi Rekomendasi 2

Berikut ini contoh surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh rekotor sebuah universitas:

Contoh Surat Rekomendasi 2
Contoh Surat Rekomendasi 2

Contoh Surat dari Sekolah

Baca Juga  Alasan Layak Menerima Beasiswa Kuliah

Berikut ini contoh surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh sekolah dan di tanda tangani oleh kepala sekolah:

Contoh Surat Rekomendasi 3
Contoh Surat Rekomendasi

Silahkan untuk anda yang ingin mengunduh contoh surat rekomendasi dalam bentuk word bisa mengunduh disini

FAQ tentang Surat Rekomendasi Beasiswa:

Berikut ini pertanyaan umum terkait Surat Rekomendasi Beasiswa yang sering diajukan pelamar program beasiswa

1. Apa itu surat rekomendasi beasiswa?

Surat rekomendasi beasiswa adalah dokumen yang diberikan oleh individu seperti dosen, atasan, atau tokoh akademis yang memberikan evaluasi atau penilaian objektif terhadap calon penerima beasiswa. Surat ini menyoroti potensi, prestasi, dan kualifikasi akademik atau profesional pelamar.

2. Mengapa surat rekomendasi beasiswa penting?

Surat rekomendasi menambah nilai pada aplikasi beasiswa dengan memberikan sudut pandang objektif dari individu yang mengenal pelamar secara personal atau profesional. Ini membantu panel seleksi untuk mendapatkan pemahaman lebih baik tentang kualitas dan potensi calon penerima.

3. Siapa yang bisa menulis surat rekomendasi?

Dosen, pembimbing skripsi, atasan, ketua jurusan, dekan, rektor universitas, atau pimpinan perusahaan tempat bekerja merupakan pihak yang sering menulis surat rekomendasi. Mereka harus memiliki pengetahuan mendalam tentang pencapaian, karakter, dan potensi pelamar.

4. Apa yang perlu disertakan dalam surat rekomendasi?

  • Identitas penulis rekomendasi dan penerima rekomendasi.
  • Penilaian terhadap kualitas seperti kepemimpinan, partisipasi komunitas, dan kemampuan bahasa.
  • Alasan atau penjelasan yang mendukung rekomendasi.
  • Informasi kontak untuk verifikasi lebih lanjut.

5. Bagaimana cara menulis surat rekomendasi yang efektif?

Surat rekomendasi haruslah jujur, objektif, dan spesifik. Deskripsikan pencapaian, kualitas kepribadian, dan kemampuan yang relevan dengan beasiswa yang diajukan. Pastikan untuk memberikan contoh konkret yang mendukung pernyataan.

6. Apakah ada format baku untuk surat rekomendasi beasiswa?

Tidak ada format yang baku, namun surat rekomendasi biasanya memiliki kop surat yang mencantumkan identitas penulis, identitas penerima, penilaian atau rekomendasi, serta tanda tangan penulis.

7. Bagaimana cara meminta surat rekomendasi dengan baik?

Minta surat rekomendasi jauh sebelum batas waktu pengajuan beasiswa. Berikan informasi yang relevan tentang diri Anda dan tujuan beasiswa. Sediakan informasi kontak dan deadline yang jelas kepada penulis rekomendasi.

8. Berapa surat rekomendasi yang diperlukan dalam aplikasi beasiswa?

Tergantung pada persyaratan beasiswa. Beberapa beasiswa meminta minimal satu atau dua surat rekomendasi, tetapi ada juga yang tidak mengharuskan.

9. Apakah surat rekomendasi beasiswa harus ditulis dalam Bahasa Inggris?

Bergantung pada persyaratan dari penyedia beasiswa. Beberapa beasiswa mengharuskan surat rekomendasi dalam Bahasa Inggris jika program yang diajukan juga dalam Bahasa Inggris.

10. Bagaimana cara menulis surat rekomendasi yang personal dan orisinal?

Hindari salinan yang generik. Fokuslah pada pengalaman unik, prestasi, atau kualitas yang membuat Anda berbeda. Berikan contoh atau cerita khusus yang memperkuat klaim dalam surat rekomendasi.

Silahkan anda bagikan contoh surat rekomendasi beasiswa ini kepada sahabat dan keluarga anda yang ingin mendaftarkan diri pada program beasiswa yang mensyaratakan surat rekomendasi.

5/5 - (19 votes)

Tinggalkan komentar