Contoh Surat Permohonan Beasiswa yang Bisa Anda Unduh

Contoh Surat Permohonan Beasiswa adalah salah satu informasi yang harus anda dapatkan ketika anda akan mencoba sebuah program beasiswa, baik beasiswa S1, Beasiswa S2 serta beasiswa S3 dalam dan beasiswa luar negeri.

Surat Permohonan Beasiswa
Surat Permohonan Beasiswa

Saat ini sangat banyak sekali informasi tentang dibukanya program beasiswa yang bisa anda akses dimana saja dan kapan saja. Program beasiswa yang ditawarkan juga beragam mulai dari beasiswa penuh dengan biaya hidup dan tempat tinggal atau beasiswa parsial yang tidak mengcover sepenuhnya ketika anda menjalankan pendidikan.

Bagi anda yang memang membutuhkan bantuan biaya dalam menyelesaikan pendidikan, anda harus mempersiapkan dan membaca Contoh Surat Permohonan Beasiswa yang akan kita bahas. Hal ini dikarenakan surat ini dibutuhkan ketika anda mendaftarkan diri pada sebuah program beasiswa.

Ketika pertama kali anda ingin mendapatkan sebuah program maka anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah serta persyaratan yang dibutuhkan. Biasanya penyelenggara program beasiswa ada diminta untuk membuat Essay Beasiswa serta melampirkan surat permohonan ini.

Apa itu Contoh Surat Permohonan Beasiswa?

Dalam pengajuan program beasiswa baik parsial dan penuh yang perlu anda perhatikan bahwa semua persyaratan yang di butuhkan dalam pendaftaran program tersebut semua dibuat dan dilampirkan. Salah satunya adalah yang biasanya diminta oleh penyelenggara adalah Surat Permohonan Beasiswa.

Yang perlu anda perhatikan bahwa setiap program beasiswa tentu berbeda satu dengan yang lainnya. Ada beberapa penyelenggara memberikan format khusus tentang surat pengajuan beasiswa ini ada juga yang tidak menyediakan. Silahkan anda perhatikan dengan baik ya, jangan sampai semua sudah disiapkan namun yang satu ini tertinggal.

Baca Juga  Contoh CV Beasiswa: Download CV PDF

Unsur-unsur Surat Permohonan Beasiswa

Bagi penyelenggara yang tidak memberikan format surat permohonan beasiswa, silahkan anda perhatikan berikut ini unsur-unsur secara umum yang terdapat pada surat permohonan pemberian beasiswa.

Contoh Surat Permohonan Beasiswa
Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Kop Surat

Perlu kita perhatikan bahwa Surat yang akan kita buat ini termasuk kedalam surat resmi yang dikeluarkan oleh Instansi naungan. Untuk itu hal yang utama yang menjadi unsur dari surat ini adalah Kop Surat. Seperti yang kita ketahui bahwa Kop surat pada surat resmi terletak pada bagian atas surat yang bersikan informasi mengenai instansi pemilik surat tersebut. Lengkap dengan Nama instansi, alamat serta nomor kontak yang bisa di hubungi.

Nomor Surat

Unsur yang kedua yang terdapat pada surat resmi adalah Nomor Surat. Nomor surat adalah nomor yang dikeluarkan oleh instansti pembuatnya. Biasanya dilengkapi dengan prihal dan lampiran. Hal ini digunakan untuk membantu pembaca untuk mengetahui isi secara cepat tentang apa surat tersebut diberikan.

Tujuan (Penerima Surat)

Setelah Nomor, Prihal dan lampiran maka anda menuliskan penerima atau kepada siapa surat tersebut anda tujukan dan buat. Anda silahkan menuliskan nama isntansi atau penyelenggara program beasiswa pada tujuan surat anda. Jika penerima ada pantia, silahkan tuliskan dengan nama lengkap.

Isi Surat

Pada intinya surat terdiri dari surat terbagi menjadi tiga: Pembukaan, Isi, dan Penutup. Pada bagian awal dari bagian surat adalah pembukaan. Pembukaan ini dituliskan salam pembuka dan pengenalan singkat dari pembuat surat. Pada bagian ini juga dituliskan mengenai data diri pembuat surat selengkap-lengkapnya.

Bagian isi adalah bagian utama dari surat ini. Bagian isi merupakan jabaran tentang tujuan surat tersebut dibuat. Jika kita membuat surat permohonan beasiswa ini maka tujuan pembuatan surat adalah untuk memohon agar diterima sebagai penerima beasiswa.

Selanjutnya bagian penutup yang berisikan tentang penulisan harapan dan ucapan terima kasih kepada penyelenggara beasiswa.

Baca Juga  5 Tips Mendapatkan Beasiswa OSC Medcom

Nama Pemohon dan Tanda Tangan

Pada bagian akhir dari surat ini adalah nama pemohon dan tanda tangan. Silahkan tuliskan nama anda secara jelas dan lengkap setelah itu silahkan tanda tangani surat tersebut tepat di atas nama pemohon.

Download Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Berikut ini contoh Surat Permohonan Beasiswa yang bisa anda jadikan contoh dalam penulisan surat ini:

Contoh: Surat Permohonan
Jakarta, (tanggal/bulan/tahun).
Hal : Permohonan
Lampiran : –
Kepada Yth.
Pimpinan Unit Kerja
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
di-
Tempat
Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Fakultas/ Jurusan :
Semester :
IPK :
Bersama ini saya mengajukan permohonan sebagai calon penerima Beasiswa Indonesia Cerdas BRI Tahun 2019. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya sampaikan 1 (satu) berkas persyaratan sebagai berikut:

  1. Surat Keterangan Kurang Mampu dari Lurah/ Kepala Desa (bagi mahasiswa kurang mampu)
  2. Bukti Prestasi (piagam, sertifikat, dan lain-lain) atau Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi yang menerangkan prestasi yang bersangkutan (bagi mahasiswa berprestasi)
  3. Copy IPK yang dilegalisir
  4. Surat Pernyataan tidak dalam ikatan dinas & tidak pernah/sedang memperoleh beasiswa sejenis dari BRI dan/atau dari pihak lain
  5. Rekomendasi Perguruan Tinggi.
  6. Kartu Tanda Penduduk atau legalitas lain yang membuktikan bahwa ybs merupakan warga daerah 3T (KHUSUS UNTUK BEASISWA KATEGORI 3T)
  7. Surat Kerterangan Dokter yang membuktikan bahwa Ybs memiliki cacat tetap/ keterbatasan fisik (KHUSUS UNTUK BEASISWA KATEGORI DIFABEL)
  8. Demikian permohonan saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
    Hormat Saya,
    ttd
    …………………………….
    (Nama Mahasiswa)

Berikut ini contoh permohonan beasiswa yang kedua

SURAT PERMOHONAN BEASISWA
Kebumen, 27 Maret 2018
Perihal : Permohonan Beasiswa Lampiran : 1 Berkas
Kepada Yth. Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa
Di Jl. Ronggowarsito No. 18 Pejagoan, Kebumen
Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya informasi pendaftaran beasiswa yayasan yang diumumkan melalui website STIE PUTRA BANGSA pada tanggal …………, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
NIM :
Prodi :
Kelas:
Jenis Beasiswa Yang Diajukan:
bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa ……. (Tuliskan Jenis Beasiswa Yang Ingin Anda Peroleh). Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :

  1. – (SESUAI YANG TERTERA DALAM PERSYARATAN)


    Demikian surat permohonan ini saya buat. Besar harapan saya agar permohonan beasiswa ini dapat dikabulkan. Atas perhatian dan bantuan Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.
    Hormat Saya,
    TTD
    (NAMA TERANG)
    NIM…………………..
Baca Juga  Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Silahkan anda unduh berikut ini Download Contoh Surat Permohonan Beasiswa yang bisa anda gunakan sebagai refrensi anda membuatnya.

Download Surat Permohonan Beasiswa

Demikianlah contoh surat permohonan beasiswa yang bisa anda unduh dan jadikan refrensi dalam membuatnya untuk melengkapi persyaratan anda dalam mendaftarkan diri pada program beasiswa ini.

Beri review post

Tinggalkan komentar