Contoh Essay Beasiswa yang Menarik PDF

Daftarbeasiswa.com|Bagi sahabat daftarbeasiswa.com yang sedang mencari program beasiswa, maka anda informasi ini sangat penting untuk anda ketahui. Saat ini kita akan membahas Contoh Essay Beasiswa yang biasanya dijadikan persyaratan program beasiswa contohnya beasiswa Unggulan, Beasiswa LPDP, Beasiswa S1, Beasiswa S2 serta S3. Persyaratan lainnya yang biasanya dibutuhkan adalah Surat Rekomendasi Beasiswa Serta CV Beasiswa Yang bisa anda baca.

Contoh Essay Beasiswa
Contoh Essay Beasiswa

Contoh Essay Beasiswa

Essay dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa essay beasiswa adalah sebuah tulisan yang mempromosikan penulisnya tentang keunggulan dan kelayakan penulis untuk mendapatkan sebuah program beasiswa.

Secara umum essay dapat bersifat informal dan formal. Berdasarkan hal ini bisa kita simpulkan bahwa essay merupakan salah satu jenis karya tulis yang merupakan kombinasi antara fakta yang terjadi serta opini penulis yang disertai bukti yang ada.

Karena digunakan oleh penulis untuk menyatakan kepribadian penulis maka essay lebih bersifat subjektif dari sudut pandang penulisnya yang bersifat analitis, spekulatif, dan interpretatif.

Tujuan Menulis Essay Beasiswa

Secara umum terdiri beberapa tujuan kita menulis essay, khususnya essay beasiswa. Berikut ini secara umum tujuan dari essay tersebut sebelum membahas contoh essay beasiswa. Silahkan anda perhatikan tujuan berikut ini sehingga ketika kita menulisnya kita sudah mengetahui dan mengembangkannya:

Essay Beasiswa Syarat Pengajuan Program

Salah satu tujuan yang pasti ketika menulis essay adalah Essay Beasiswa adalah salah satu syarat yang anda butuhkan dalam proses melamar sebuah program beasiswa. Karena tujuan ini, maka anda harus mempersiapkan secara benar agar penyelenggara program beasiswa mengerti dan mengetahui pribadi dan potensi anda ketika membaca essay yang sudah anda tulis.

Memberikan Informasi Sebuah Topik

Terkadang sebuah program beasiswa memberikan sebuah tema yang harus dikembangkan oleh pelamar program. Anda harus secara detail memberikan informasi mengenai topik dan tema yang ada. Silahkan anda buat mind map terhadap tema tersebut sehingga pembahasan yang ada tulis di essay anda tidak menyimpang dari topik yang diberikan.

Sebuah Essay digunakan Meyakinkan Pembaca

Seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa penilian tulisan essay bersifat subjektif dari penulis yang digunakan untuk meyakinkan pembaca tentang sebuah topik yang anda bahas. Pembaca akan mengerti dan menilai bagaimana kualitas pendapat anda serta kepribadian anda.

Ciri Essay Beasiswa yang Menarik

Berikut ini ciri essay secara umum yang bisa anda perhatikan dalam mengembangkan sebuah essay yang menarik:

  1. Seperti pengertian dari KBBI bahwa Bentuk Essay adalah prosa maka gaya komunikasi yang dihadirkan dalam tulisan anda berbentuk komunikasi biasa
  2. Isi pesan dalam Essay selalu singkat, terperinci dan sistematis sehingga pembaca dengan cepat membaca dan mengerti isi dalam essay tersebut.
  3. Secara umum penulisan Essay tidak selalu memiliki struktur yang utuh namun penting bagi anda membuat mind map tulisan anda sehingga pembaca mengerti pesan yang ada tuliskan secara utuh. SIlahkan anda mulai dari pembuka pendahuluan, pengembangan topik yang disertai bukti serta kesimpulan dibagian akhir tulisan anda
Baca Juga  Beasiswa Chandra Asri Petrochemical 2021 2022

Cara Membuat Essay Beasiswa

Secara umum cara membuat essay beasiswa secara sederhana sama saja ketika kita membuat sebuah karangan sewaktu duduk di bangku sekolah. Secara umum berikut ini cara membuat essay yang bisa anda coba:

Download Contoh Beasiswa yang Menarik
Download Contoh Beasiswa yang Menarik

Tentukan Tema atau Topik Essay

Jangan sebarangan ketika anda menentukan tema atau topik yang akan anda tulis. Biasanya untuk beasiswa yang memberikan persyaratan Essay maka sudah menentukan tema atau topik yang harus ditulis oleh pelamarnya. Jadi silahkan anda baca dengan seksama apakah program beasiswa yang akan anda coba memberikan persyaratan tema atau topik yang akan dibahas.

Membuat Outline atau Kerangka Essay

Setelah anda sudah menentukan tema untuk essay beasiswa anda, tahap selanjutnya anda membuat point-point penting yang akan anda tulis. Hal ini akan memudahkan anda dalam mengembangkan penulisan anda dan mengantisipasi pengulangan topik yang akan anda bahas.

Menulis Sesuai kerangka

Setelah anda menuliskan kerangka karangan anda maka silahkan anda tulis berdasarkan kerangka tersebut. Kembangkan essay anda secara sistematis disertai bukti dan secara singkat dan jelas. Sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi dari essay anda.

Contoh Essay Beasiswa

Berikut ini adalah contoh Essay Beasiswa dan Bagaimana cara menulis esay tersebut.

Contoh sebuah program beasiswa memberikan tema essay yaitu Kontribusiku Bagi Indonesia: Kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat/lembaga/instansi/profesi komunitas saya.

Yang perlu anda lakukan adalah anda harus memahami point penting pada tema tersebut. Pada bagian atas kita bisa menggambil kesimpulan bahwa fokus tema tersebut adalah kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk Contoh sebuah program beasiswa memberikan tema essay yaitu Kontribusiku Bagi Indonesia: Kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat/lembaga/instansi/profesi komunitas saya.

Jika anda sudah memahami point penting tersebut maka anda bisa membuat kerangka karangan atau outline bagian penting sesuai dari point penting dari tema.

Dari contoh essay beasiswa di atas, maka bisa kita buat 3 bagian dalam karangan kita yaitu:

  1. Kontribusi yang telah dilakukan: Pada bagian ini silahkan anda tulis secara jelas dan lengkap tentang pengalaman yang sudah anda miliki, baik dari sisi akademik, pekerjaan bagi anda yang sudah bekerja, atau organisasi yang sudah anda ikuti.
  2. Kontribusi yang sedang dilakukan: Pada bagian ini anda harus menjabarkan point tentang apa saja yang sedang anda kerjakan dan bagaimana hal ini bisa berkontribusi bagi masyarakat sekitar anda. Anda bisa melampirkan bukti atau fakta yang sudah anda kerjakan
  3. Kontribusi yang akan dilakukan : Pada bagain akhir dari karangan anda, anda jelaskan pengalaman dan hal yang sudah dilakukan, terdapat masalahkah dan apakah anda ingin mengatasinya, dan kaitkan masalah yang anda hadapi dengan bidang ilmu atau kuliah yang akan anda coba. Silahkan anda jelaskan bahwa jika anda mempelajari bidang ini maka nanti anda paham terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat dan anda bisa membantu berkontribusi dalam menyelesaikannya.
Baca Juga  Beasiswa Quipper Scholarship Award 2021

Download Contoh Essay Beasiswa PDF

Untuk lebih memahami tentang contoh essay beasiswa yang menarik, berikut ini saya berikan dalam bentuk pdf. Namun sebelumnya silahkan anda baca terlebih dahulu contoh yang sudah dibuat oleh para pejuang beasiswa.

Sukses Terbesar Dalam Hidupku

Bicara sukses berarti bicara ukuran. Sebuah ukuran yang akan digunakan untuk mengukur sukses itu sudah tercapai atau belum. Ukuran tersebut akan berbeda-beda tiap orangnya. Seorang karyawan mungkin mematok ukuran suksesnya melalui pencapaian karir. Seorang mahasiswa mungkin menentukan ukuran suksesnya dengan perolehan IPK-nya. Seorang pengusaha merasa sukses ketika omzet penjualannya mencapai angka tertentu, dan sebagainya. Dengan demikian, sukses itu bisa dibilang subjektif. Lain orang, lain pula ukurannya.

Bagi saya, sukses dalam hidup itu bersifat diskrit, terdiri dari elemen-elemen berbeda dan kadang tidak berhubungan. Dengan demikian, seseorang sebenarnya telah, sedang, dan akan terus mengalami banyak kesuksesan dalam hidupnya. Tinggal bagaimana persepsi seseorang dalam menilai setiap peristiwa dalam hidupnya, apakah dinilai sebagai sebuah kesuksesan atau sebaliknya. Masalahnya, sering kali ukuran sukses itu adalah sesuatu yang terlalu mainstream. Kekayaan, jabatan, karir, dan status sosial seringkali menjadi ukuran utama kesuksesan seseorang. Padahal, seseorang bisa saja membuat ukuran sukses yang sederhana. Bagi mahasiswa misalnya, tidak menyontek dalam ujian adalah kesuksesan. Bagi seorang karyawan, mampu menyelesaikan setiap tugasnya dengan baik juga merupakan kesuksesan.

Jika dalam kehidupan seseorang itu berisi kesuksesan-kesuksesan sederhana yang berbeda-beda, maka pertanyaan tentang “sukses terbesar dalam kehidupan” akan menjadi pertanyaan yang cukup menantang. Mana yang menjadi sukses terbesar? Tidak menyontek saat ujiankah? Lulus dengan IPK cum laude-kah? Memiliki karir yang baguskah? Atau yang mana? Lagi-lagi suatu hal yang subjektif.

Saya teringat dengan sabda Nabi Muhammad shollallahu „alaihi wa sallam yang mengatakan, “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”. Untaian kalimat ringkas nan indah itu menginspirasi saya dalam menentukan mana yang menjadi kesuksesan terbesar dalam hidup. Bagi saya, sukses terbesar adalah ketika saya bisa bermanfaat bagi orang lain. Terdengar klise memang, tetapi tidak jika dipahami lebih dalam. Bagi saya, ukuran sukses yang cenderung mainstrem tidaklah masalah. Namun, semata-mata menjadi sukses dengan ukuran mainstream saja rasanya ada yang kurang. Ibarat sayur kurang garam, kurang sedap dirasa. Oleh sebab itu, menambahkan bumbu “bermanfaat bagi orang lain” akan menambah sedap kesuksesan tersebut.

Baca Juga  BeasiswaQ by IELTSku: Beasiswa Pelajar dan Mahasiswa

Menjadikan asas kebermanfaatan bagi orang lain sebagai pondasi kesuksesan akan menambah kokoh kesuksesan itu sendiri. Sebaliknya, menafikannya akan membuat bangunan kesuksesan itu berpotensi runtuh sewaktu-waktu. Saya merasakan betul hal ini ketika berstatus sebagai mahasiswa.

Menjadi mahasiswa, apalagi di jurusan dan perguruan tinggi negeri favorit, adalah sebuah kesuksesan tersendiri bagi saya. Hal ini ditambah kenyataan bahwa kesempatan untuk berkuliah adalah sesuatu yang agak langka bagi sebagian orang di negeri ini. Pada saat itulah, nilai sesungguhnya dari kesuksesan itu diuji. Seberapa bermanfaatkah saya ketika menjadi mahasiswa? Apalagi, menjadi mahasiswa adalah momentum yang sangat tepat dalam melatih diri untuk menjadi bermanfaat bagi sesama.

Selanjutnya, bagian terpenting dari sebuah kesuksesan yang bermanfaat, menurut saya, adalah usaha seseorang dalam menjadikan kesuksesan itu bermanfaat, bukan hasilnya. Maksudnya, seberapa terasa manfaat dari sebuah kesuksesan bagi sesama itu penting, namun usaha dan proses menuju ke arah itu justru lebih penting. Sebagaimana petuah yang sering disampaikan, “yang penting itu prosesnya, bukan hasilnya”, maka begitu pula berlaku dalam hal ini. Dengan demikian, sejauh mana usaha saya untuk menjadikan kesuksesan yang telah diraih bisa dinikmati pula oleh sesama merupakan bagian yang saya anggap paling penting. Adapun masalah hasil dari usaha itu, biarlah orang lain yang menilai.

Dengan menyadari hal ini, saya termotivasi untuk selalu berbuat yang terbaik tanpa sibuk memikirkan hasilnya. Saya tidak mengatakan bahwa hasil itu tidaklah penting. Hasil itu penting, karena hal itulah yang biasanya kasat mata dan bisa dinikmati oleh orang lain. Akan tetapi, saya berkeyakinan bahwa hasil terbaik akan lahir dari usaha yang terbaik pula. Dengan melakukan yang terbaik, maka hasil yang terbaik tinggal masalah waktu. Oleh karena itu, lakukanlah yang terbaik dalam upaya menjadikan kesuksesan kita bermanfaat bagi sesama, maka manfaat terbaik dari kesuksesan kita itu akan benar-benar bisa dirasakan oleh sesama.

Sebagai penutup tulisan singkat ini, saya mengajukan sebuah definisi tentang sukses. Menurut saya, sukses adalah ketika Anda bisa bermanfaat bagi orang lain. Kata “ketika” yang merupakan preposisi waktu, menandakan bahwa sukses bisa terjadi kapan saja, tidak ada batasan waktu tertentu. Satu-satunya yang menjadi tolok ukur adalah “bermanfaat bagi orang lain”. Oleh karena itu, setiap kali Anda bisa bermanfaat bagi orang lain, setaip kali itu pula Anda telah sukses. Demikianlah, kalimat ringkas tersebut selain mampu mendefinisikan kata “sukses” itu sendiri, juga mampu menjawab pertanyaan: apakah yang menjadi sukses terbesar dalam hidupmu?

Silahkan anda unduh atau download contoh essay beasiswa pada link berikut ini: Download Essay PDF

Demikianlah pembahasan lengkap tentang contoh essay beasiswa dilengkapi dengan cara membuat essay dan contohnya. Silahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda.

5/5 - (1 vote)

2 pemikiran pada “Contoh Essay Beasiswa yang Menarik PDF”

Tinggalkan komentar