Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri– Melanjutkan pendidikan di luar negeri merupakan mimpi hampir bagi semua orang. Bagaimana tidak, kuliah di luar negeri akan membuat para mahasiswanya mengenal kehidupan dan budaya di negara lain, mendapat metode belajar yang baru sehingga mereka mampu berkembang dengan pola pikir yang lebih luas, serta pengalaman yang lebih jauh.

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri
Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Tentang Kuliah di Luar Negeri

Perlu sahabat ketahui bahwa kuliah di luar negeri menjamin para lulusannya untuk memperoleh pekerjaan yang mapan. Beberapa negara memberi kesempatan kepada siapa pun yang memiliki ijazah formal yang diakui oleh negara untuk memperoleh pendidikan di negara mereka secara gratis. Negara-negara tersebut antara lain Jepang, Australia, Singapura, Jerman, dan masih banyak negara lain yang akan menjamin biaya hidup di mahasiswa penerima beasiswa luar negeri selama di negara mereka.

Jika anda sedang mencari Beasiswa S1 S2 dan S3 luar negeri tanpa toelf anda bisa membacanya disini

Jenis-jenis Beasiswa Luar Negeri

Dilansir dari berbagai sumber berikut merupakan jenis-jenis beasiswa luar negeri yang banyak diminati oleh pelajar Indonesia. Silahkan anda persiapkan persyaratan yang dibutuhkan dan perlu anda ketahui program-program beasiswa luar negeri ini hampir setiap tahun dibuka.

Australia Awards Scholarships (AAS)

Beasiswa Australia Awards Scholarships (AAS) merupakan beasiswa internasional yang didanai oleh pemerintah Australia yang menawarkan kesempatan bagi para mahasiswanya untuk melakukan studi, penelitian, dan mengembangkan kemampuan keprofesian di Australia. Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar yang ingin menempuh program pendidikan pascasarjana di perguruan tinggi Australia.

Beasiswa ini bersifat umum, terbuka untuk kelompok difabel ataupun bagi pelajar yang berasal dari area geografis seperti Aceh, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua, dan Maluku. Proses pendaftarannya pun cukup mudah, calon pendaftar cukup mengisi formulir secara online kemudian melengkapi Additional Information for Online Application yang tersedia di situs web OASIS.

Baca Juga  Beasiswa Riset Baznas untuk Diploma S1 S2 dan S3 2022 2023

Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait Beasiswa ASS silahkan anda baca di sini

Monbukagakusho (MEXT)

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang yang meliputi biaya studi dan biaya kebutuhan hidup. Beasiswa MEXT didirikan pada tahun 1954 dan sedikitnya 65.000 pelajar dari sekitar 160 negara telah belajar di bahwah naungan beasiswa ini.

Program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang ini yaitu program research student, research student  university to university, spealized training college/senshu (D2), college of technology/kosen (D3), undergraduate/ gakubu (S1), teacher training, dan japanese studies.

Untuk mengetahi informasi Beasiswa Jepang lainnya bisa anda baca di sini

Beasiswa DAAD

Beasiswa Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) ditujukan untuk lulusan sarjana dari Indonesia yang ingin melanjutkan studi master maupun doktoral di Jerman. Program beasiswa DAAD yang diselenggarakan antara lain:

Development-Related Postgraduate Courses (EPOS)

Beasiswa ini bersifat penuh dan diperuntukkan bagi mahasiswa pascasarjana (Master dan PhD).

Helmut-Schmidt-Programme: Master’s Scholarship for Public Policy and Good Governance (PPGG)

PPGG merupakan beasiswa yang ditujukan untuk calon mahasiswa jenjang master yang berasal dari Afrika, Amerika Latin, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan negara-negara Timur tengah, yang digagas untuk membimbing para calon pemimpin yang sesuai dengan prinsip-prinsip good governance.

Sustainable Water Management: Study Scholarship and Research Grants for Foreigner

Beasiswa ini khusus ditujukan bagi para mahasiswa pascasarjana dengan bidang studi pengolahan air dan bidang studi yang berkaitan, yang berasal dari Kamboja, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Kyrgystan, Yordania, Laos, Mongolia, Myanmar, Tajikistan, Thailand, Turkmenistan, Uzbekistan, dan Vietnam.

Doctoral Degree dan Post Doc Scholarship Programs

Beasiswa ini merupakan bentuk bantuan finansial untuk siswa internasional yang menempuh program doktoral dan post doctoral.

Untuk mengetahui informasi beasiswa DAAD lainnya bisa anda baca di sini

Chevening Scholarships

Beasiswa Chevening merupakan program beasiswa dari pemerintah Inggris yang memberikan kesempatan bagi pelajar di seluruh dunia dengan nilai akademik di atas rata-rata untuk melanjutkan studi S2 selama satu tahun dengan jurusan apapun. Beasiswa ini mendanai seluruh kebutuhan studi seperti biaya kuliah, biaya hidup selama di sana, hingga biaya satu kali pembuatan visa dan biaya pesawat.

Baca Juga  Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Program beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa Indonesia antara lain chevening Indonesia scholarships, chevening Indonesia/ prudential life assurance scholarships, chevening Indonesia/ university of warwick scholarships, chevening central partnership awards.

Silahkan anda baca informasi lebih lanjut di sini

Bourse du Gouvernement Francais (BGF)

Salah satu beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Prancis adalah Bourse du Gouvernement Francais (BGF). Mahasiswa terpilih akan mendapatkan visa bebas biaya, pembebasan biaya kuliah dengan bahasa Prancis, serta fasilitas jaminan sosial dari pemerintah Prancis. Sedangkan beasiswa dari pemerintah Indonesia mencakup biaya hidup dan tiket pesawat pulang-pergi.

Studi dengan jenjang master dapat ditempuh dengan skema master 1 di Indonesia dan mengikuti kursus bahasa Prancis, kemudian menempuh master 2 di Prancis, atau dengan skema master 1 dan 2 di Prancis. Sedangkan untuk program doktorat ditentukan dengan skema pendidikan di Prancis dan di Indonesia berdasarkan subjek disertasi dan para dosen pembimbing.

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Untuk mendapatkan beasiswa di atas tentunya terdapat syarat-syarat dan kriteria-kriteria yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar. Syarat dan kriteria tersebut dibuat berdasarkan ukuran dan ketentuan masing-masing program beasiswa.Namun, calon pendaftar dapat melakukan cara berikut ini untuk mendapatkan beasiswa luar negeri yang diinginkan. Cara-cara tersebut, antara lain:

Miliki Prestasi Akademik

Prestasi akademik merupakan salah satu modal penting bagi para pelajar agar bisa mendapatkan beasiswa luar negeri. Hal tersebut terbukti dari beberapa penyedia program beasiswa luar negeri yang menjadikan prestasi akademik sebagai salah satu syarat mendaftar beasiswa. Prestasi akademik bisa didapatkan dengan selalu memiliki nilai yang tinggi di kelas atau menjuarai berbagai perlombaan akademik seperti lomba cerdas cermat dan olimpiade.

Melakukan Riset terhadap Lembaga Penyedia Beasiswa

Sebelum mendaftar beasiswa luar negeri, alangkah baiknya calon mahasiswa melakukan riset terhadap lembaga yang menyediakan program beasiswa tersebut. Riset tersebut dapat dilakukan dengan mencari tahu sebanyak-banyaknya informasi mengenai beasiswa tersebut seperti syarat pendaftaran, manfaat yang akan didapatkan, hingga program studi yang akan diambil. Informasi yang diperoleh tentu akan membantu para calon pendaftar untuk menentukan beasiswa mana yang lebih cocok untuk diambil.

Memiliki Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi menjadi salah satu cara terpenting untuk mendapatkan beasiswa luar negeri. Surat rekomendasi akan membuat lembaga penyedia beasiswa untuk mempertimbangkan diterima atau tidaknya calon pendaftar. Surat rekomendasi beasiswa ini bisa diperoleh melalui institusi asal atau lembaga lain yang memiliki kaitan dengan calon pendaftar.

Baca Juga  Contoh Transkrip Nilai SMA SMK Kuliah untuk Daftar Beasiswa

Silahkan anda unduh Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Mempelajari Bahasa Asing

Mempelajari bahasa asing terutama bahasa inggris merupakan salah satu hal penting lain dalam mendaftar beasiswa luar negeri. Para calon pendaftar juga wajib bisa berbahasa asing sesuai dengan negara tujuan. Dalam proses seleksi beasiswa, biasanya para pendaftar diharuskan untuk melampirkan dokumen seperti nilai TOEFL dengan rata-rata nilai diatas  550 dan nilai IELTS di atas 6,5.

Selain mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan anda wajib mempersiapkan kemampuan berbahasa Inggris anda. Anda bisa melakukan kursus bahasa inggris atau belajar mandiri dengan Download Ebook TOEFL PDF sehingga kedepannya anda mendapatkan sertifikat TOEFL

Pengalaman Kerja dan Organisasi

Sebagian lembaga penyedia beasiswa mengutamakan calon pendaftar yang sudah berkompeten atau memiliki pengalaman kerja. Selain itu, pengalaman organisasi juga dapat menambah peluang bagi calon pendaftar untuk menerima beasiswa luar negeri.

Belajar Interview

Untuk belajar interview, calon pendaftar dapat berlatih berbicara di depan cermin untuk melatih kepercayaan diri dan mengontrol ekspresi wajah. Calon pendaftar juga bisa meminta teman atau keluarga untuk mengajukan beberapa pertanyaan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan interview antara lain artikulasi saat menjawab pertanyaan, tempo berbicara, serta gaya bahasa dan bahasa tubuh.

Mempersiapkan Dokumen

Pada dasarnya, syarat dan dokumen yang harus dipenuhi bergantung kepada kebijakan masing-masing penyelenggara. Namun, ada beberapa dokumen penting yang biasanya kerap diminta untuk disiapkan seperti focokopi KTP, foto formal berwarna, ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir, paspor, CV Beasiswa, motivation letter dan essay, hasil tes TOEFL/IELTS, dan surat rekomendasi.

Untuk mendapatkan beasiswa luar negeri, terdapat syarat, kriteria, dan dokumen yang harus dipenuhi oleh para calon pendaftar, yang pastinya setiap lembaga memiliki ketentuannya masing-masing. Untuk megetahui lebih lanjut mengenai berbagai beasiswa luar negeri, para pendaftar dapat mencari tahu secara langsung pada sumber resmi lembaga penyedia beasiswa tersebut.

Demikianlah informasi terkait Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri yang bisa anda coba. SIlahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda.

Penulis

Refi Mariska

UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

5/5 - (49 votes)

2 pemikiran pada “Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri”

Tinggalkan komentar