Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis Dalam dan Luar Negeri

Daftarbeasiswa.com|Informasi kali ini kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis untuk kuliah di dalam negeri dan luar negeri. Informasi ini sangat berguna bagi anda yang sedang mencari program beasiswa yang dapat dipergunakan untuk melanjutkan pendidikan baik tingkat Sarjana, Pascasarjana S2 dan S3. Silahkan anda catat dan simak pembahasan kita tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis berikut ini.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuiah Gratis
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuiah Gratis

Pilih Jenis Jenjang Beasiswa

Cara yang pertama untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis adalah mengenali jenis jenjang program beasiswa yang akan anda cari. Jika anda merupakan lulusan SMA SMK Sederajat maka silahkan anda cari daftar beasiswa s1 baik dalam dan luar negeri, jika anda ingin melanjutkan pendidikan pasca sarjana silahkan anda pilih program beasiswa s2 dan beasiswa s3. Silahkan anda perhatikan kategori program beasiswa berikut ini:

Beasiswa S1

Jika anda mencari program beasiswa S1, silahkan anda tentukan apakah anda akan melanjutkan pendidikan pada universitas dalam negeri atau anda akan melanjutkan pendidikan di luar negeri. Berikut ini adalah beberapa program beasiswa s1 baik dalam dan luar negeri yang setiap tahun dibuka untuk pelajar dan mahasiswa Indonesia.

Beasiswa S1 2021 2022
Beasiswa S1

Beasiswa S1 Dalam Negeri

Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa KIP kuliah adalah program beasiswa yang bisa anda coba sebagai mahasiswa baru atau merupakan beasiswa semester 1. Para penerima program beasiswa KIP Kuliah ini akan mendapatkan bantuan beasiswa hingga 12 juta per semester. Selain anda mendapatkan bantuan beasiswa penddikan ini, anda akan mendapatkan bantuan biaya hidup bulanan. Nilai bantuan biaya hidup hingga 1,4 juta perbulan tergantung dari kondisi dari penerima program beasiswa. Skema program beasiswa KIP Kuliah sama dengan beasiswa bidikmisi,

Beasiswa Djarum

Djarum Beasiswa Plus adalah salah satu program beasiswa mahasiswa kurang mampu serta berprestasi. Setiap tahun program beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa baik dari perguruan tinggi negeri dan swasta. Anda bisa mempersiapkan persyaratan program beasiswa S1 ini dari sekarang.

Beasiswa Djarum 2021
Beasiswa Djarum
Beasiswa BCA dan Bank Lainnya

Bank Centra Asia atau dikenal dengan BCA adalah salah satu Bank ternama di Indonesia yang secara nyata membantu pendidikan di Indonesia. Baik dari Beasiswa PPA untuk anda lulusan SMA SMK Sederajat mengikuti program pelatihan, beasiswa BCA Finance untuk anda mahasiswa di Indonesia. Silahkan anda baca dan persiapkan persyaratannya

Baca Juga  Beasiswa Australia Awards Scholarships

Selain BCA, terdapat bank lainnya yang juga seperti beasiswa BRIlian Scholarship yang diberikan oleh Bank BRI, dan masih banyak lainnya.

Beasiswa Swasta

Selain program beasiswa S1 yang diberikan oleh pemerintah, banyak juga beasiswa yang diberikan oleh pihak swasta baik dari yayasan non profit atau perusahaan besar yang peduli terhadap pendidikan dengan menyediakan dana CSR bagi program beasiswa ini.

Beasiswa S1 Luar Negeri

Banyak juga program beasiswa luar negeri yang bisa anda coba jika anda ingin melanjutkan pendidikan di Luar negeri. Beberapa program beasiswa luar negeri yang bisa anda coba adalah beasiswa Kaist yaitu beasiswa ke korea selatan, beasiswa Jardine, beasiswa ke Turkie, Beasiswa ke Australia dan banyak sekali program beasiswa luar negeri lainnya. Jika anda ingin mencari program beasiswa luar negeri terbaru silahkan anda baca di sini.

Beasiswa Biaya Hidup
Beasiswa Biaya Hidup

Beasiswa S2 dan S3

Jika anda ingin melanjutkan pendidikan baik S2 dan S3 maka program beasiswa pascasarjana bisa anda pilih sesuaikan dengan jurusan yang anda inginkan. Banyak sekali jeni program beasiswa S2 dan S3 yang bisa anda coba. Untuk informasi beasiswa S2 terbaru silahkan anda baca di sini, dan program beasiswa S3 bisa anda baca di sini.

Berikut ini contoh beberapa beasiswa S2 dan S3 yang bisa anda coba:

Syarat Beasiswa LPDP

Program beasiswa LPDP diberikan untuk mahasiswa S1, S2 dan S3. Jika anda dinyatakan diterima program beasiswa ini, maka banyak sekali benefit yang anda dapatkan salah satunya biaya pendidikan, biaya hidup bulanan selama pendidikan, biaya penelitian serta biaya pendukung lainnya. Sangat disayangkan jika anda tidak mencoba program beasiswa yang satu ini.

Beasiswa PMDSU

Beasiswa PMDSU adalah program beasiswa S1 lansung S3, artinya anda tidak menempuh pendidikan S2. Anda langsung akan menyelesaikan program s2 dan S3 sekaligus. Setiap tahun program ini dibuka, silahkan anda persiapkan dari proposal penelitian, persyaratan yang dibutuhkan.

Beasiswa PMDSU 2021 2022
Beasiswa PMDSU

Melengkapi Persyaratan dan Dokumen Pendaftaran

Cara yang kedua yang perlu anda lakukan sebagai salah satu cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis adalah memenuhi persyaratan dan dokumen pendaftaran. Setelah anda menentukan jenis kategori program beasiswa yang akan anda pilih, silahkan anda catat setiap persyaratan yang anda butuhkan serta dokumen yang diperlukan saat melakukan pendaftaran.

Persiapkan dengan cermat dan teliti berkas dokumen anda. Anda bisa menuliskan kembali persyaratan dan membuat daftar ceklis sebelum mengirimkan dokumen pendaftaran. Jika dokumen yang diminta dalam bentuk hasil scan, silahkan gunakan hasil scan yang berkualitas tinggi. Anda bisa menggunakan jasa scan yang ada di kota anda untuk menghasikan kualitas hasil scan yang terbaik.

Baca Juga  Beasiswa Jentera: Beasiswa S1 Hukum

Selain dokumen seperti data diri, biasanya program beasiswa akan meminta dokumen yang harus anda persiapkan juga. Berikut ini adaah contoh berkas dokumen yang diminta di berbagai jenis program beasiswa baik beasiswa S1 maupun beasiswa s2 dan s3.

Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang berkompeten di bidang anda pada jenjang pendidikan sebelumnya. Jika anda ingin mendaftar program beasiswa S1 maka surat rekomendasi dari kepala sekolah sewaktu anda SMA atau SMK Sederajat diperlukan pada proses pendaftaran ini. Jika anda melanjutkan pendidikan pascasarjana maka dosen pada saat s1 anda bisa menjadi pemberi rekomendasi anda.

Contoh Proposal Penelitian

Biasanya program beasiswa pascasarjana s2 dan S3 yang memberikan persyaratan yaitu proposal penelitian. Namun untuk beberapa beasiswa S1 untuk tugas akhir biasanya juga meminta dokumen proposal penelitian ini. Silahkan anda persiapkan penelitian anda dengan baik.

Sertifikat Kemampuan Berbahasa Asing

Sertifikat kemampuan berbahasa asing biasanya diperlukan bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan di Luar nageri. Anda bisa mempersiapkannya dari sekarang sehingga hasil test kemampuan berbahasa asing anda mendapatkan hasil terbaik dengan cara mengikuti les atau belajar secara mandiri. Namun jangan pesimis bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan diluar negeri, ada program beasiswa luar negeri full tanpa toefl loh.

Memperhatikan Deadline dan Timeline Pendaftaran Beasiswa

Salah satu yang terpenting adalah silahkan anda kirim berkas dan formulir anda sebelum batas pendaftaran di tutup. Mulailah dengan mencatat kapan deadline pendaftaran program beasiswa yang akan anda pilih, dan persiapkan dari jauh jauh hari sehingga di saat batas waktu pengiriman berkas, anda sudah mempersiapkan dengan baik dan lengkap serta mengirimkan dengan tepat waktu.

Baca Juga  Beasiswa S1 S2 Australia 2021 2022: Beasiswa Macquarie University

Mempersiapkan Test dengan Baik

Setiap pendaftaran program beasiswa pasti ada proses seleksi yang ketat. Dimulai dari seleksi berkas, test tertulis, tes kesehatan, wawancara sampai keapda pengumuman hasil penerimaan program beasiswa. Anda harus mempersiapkan dengan baik setiap tahapan yang akan anda lalui dimulai dari mempersiapkan berkas pendaftaran yang lengkap serta mepelajari materi soal tes tertulis serta wawancara berdasarkan hasil seleksi tahun tahun sebelumnya.

Beasiswa Kuliah
Beasiswa Kuliah

Persiapan yang matang membuat anda percaya diri dan anda bisa dipastikan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik pada proses pendaftaran program beasiswa ini.

Berusaha dan Berdoa

Ini adalah salah satu cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang harus anda lakukan. SIlahkan anda berusaha terus untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis jika anda mengalami kegagalan pada pendaftaran salah satu beasiswa. Silahkan evaluasi mengapa anda gagal, dan anda bisa mempersiapkan untuk jenis program beasiswa lainnya. Dan yang paling utama adalah berdoa. Silahkan anda meminta restu orang tua anda ketika anda mencoba salah satu program beasiswa. Saya menyakini salah satu yang bisa membuat kita berhasil adalah doa dan restu dari orang tua kita.

Demikianlah beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis dalam dan luar negeri yang bisa anda coba dan praktekkan. Silahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda yang membutuhkan.

3 pemikiran pada “Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis Dalam dan Luar Negeri”

Tinggalkan komentar