Cara Memilih Jurusan Kuliah

Cara Memilih jurusan kuliah mungkin menjadi hal yang membingungkan bagi sebagian orang, khususnya bagi anak-anak SMA yang akan segera melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Salah satu faktor yang menyebabkan kebingungan saat memilih jurusan yaitu kekhawatiran akan salah memilih jurusan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh seorang Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF), Irene Guntur, setidaknya 87% mahasiswa di Indonesia pernah merasa salah jurusan.

Cara Memilih Jurusan Kuliah
Cara Memilih Jurusan Kuliah

Cara Memilih Jurusan

Ketika salah dalam memilih jurusan, kondisi perkuliahan dapat menjadi rumit. Mahasiswa akan dihadapkan kepada dua pilihan: melanjutkan di jurusan yang dipilih, ataupun berhenti dan mungkin berpindah ke jurusan lain. Adapun masing-masing pilihan memiliki kekurangan masing-masing.

Apabila memilih untuk melanjutkan di jurusan pilihan, hal yang umum terjadi adalah mahasiswa merasa kurang motivasi dan cenderung tertekan dalam menjalani perkuliahan. Namun, apabila memilih untuk berhenti dan berpindah jurusan, tentu saja waktu, tenaga, dan biaya yang telah dikeluarkan tidak dapat digantikan. Maka dari itu, pemilihan jurusan kuliah sebaiknya dipersiapkan dengan matang agar dapat terhindar dari perasaan salah jurusan.

Selain itu juga yang perlua anda pikirkan adalah prospek kerja pada jurusan tersebut, contohnya kalian ingin ambil jurusan Hukum, yang harus kalian pikirkan juga adalah jurusan hukum kerja apa, mata kuliah yang diambil serta program beasiswa S1 yang bisa anda coba.

Baca Juga  Alasan Layak Menerima Beasiswa Kuliah

Nah, bagi kamu yang akan segera masuk ke perguruan tinggi dan masih bingung ingin memilih jurusan apa, pada artikel ini akan dibahas mengenai apa saja yang sebaiknya dihindari dan dilakukan ketika akan memilih jurusan kuliah. Yuk simak baik-baik tips Cara Memilih Jurusan Kuliah!

Don’t!

Ikut-ikutan Teman

Ketika menjelang masa akhir SMA, mungkin sebagian dari teman-temanmu sudah memiliki tujuan terkait jurusan kuliah yang sesuai minatnya, padahal kamu bahkan belum memiliki gambaran untuk memilih jurusan manapun. Meskipun begitu, kamu tidak sebaiknya sekadar ikut-ikutan ke jurusan yang sama hanya karena banyak dituju oleh temanmu. Di dunia perkuliahan, salah satu faktor penting yang menentukan kelancaran dan waktu kelulusan adalah minat dan motivasi. Dengan memilih jurusan yang kurang sesuai karena mengikuti teman, kamu mungkin akan mengalami kesulitan mengikuti pelajaran, atau justru merasa tertinggal akibat kurangnya motivasi belajar.

Semata-mata Mengejar Beasiswa

Saat ini, terdapat banyak instansi dan universitas yang menyediakan beasiswa pendidikan untuk jenjang perkuliahan. Dengan mendapatkan beasiswa, mahasiswa dapat mendapat potongan biaya kuliah hingga 100%, bahkan mendapatkan uang saku. Oleh karena itu, beasiswa pendidikan banyak diburu oleh siswa SMA yang akan segera lulus.

Namun sayangnya, sebagian beasiswa yang disediakan hanya terbuka bagi jurusan-jurusan tertentu yang belum tentu sesuai dengan minat pendaftarnya. Mahasiswa yang terlanjur bergabung karena mengejar beasiswa dan tidak memikirkan minat dan bakatnya rawan untuk merasa salah jurusan di kemudian hari.

Baca Juga  Jurusan Arsitektur Terbaik Di Indonesia

Jika kamu ingin mempersiapkannya, anda juga wajib mencari informasi program beasiswa yang bisa anda dapatkan. Anda bisa membaca informasi Cara mendapatkan program Beasiswa Kuliah

Asal Memilih

Sebagian orang mengatakan, jurusan kuliah tidak secara mutlak menentukan pekerjaan di masa depan. Hal tersebut memang ada benarnya. Namun, tidak seharusnya hal tersebut dijadikan alasan untuk memilih jurusan kuliah secara asal-asalan.

Ketika kamu memilih jurusan serta fakultas yang sesuai dengan minat dan bakatmu,

Do!

Persiapkan Sedini Mungkin

Walau jurusan hanya akan dipilih setelah kita lulus dari SMA, tapi tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan dirimu sejak jauh-jauh hari. Ketika kamu sudah memiliki gambaran sejak awal terkait jurusan yang ingin dituju, masa-masa akhir SMA dapat kamu gunakan untuk meyakinkan kembali dirimu serta mempersiapkan diri untuk ujian atau pelajaran yang lebih relevan dengan pilihanmu.

Kenali Diri

Salah satu cara terbaik untuk memilih jurusan kuliah adalah dengan menggali minat dan bakat yang ada dalam dirimu. Dengan mengenali diri lebih dalam, kamu akan mengetahui potensimu, serta apa yang ingin kamu lakukan di masa depan. Hal ini akan mengurangi kemungkinan untuk merasa salah memilih jurusan.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Nah, untuk mengenali diri, kamu dapat mengikuti tes minat dan bakat yang banyak tersedia di internet. Contoh tes yang dapat diakses yaitu campus.quipper.com, akupintar.id, Tes Minat Bakat Pahamify, dan masih banyak lagi. Selain dapat diakses secara online, terdapat juga banyak lembaga psikologi yang menyediakan jasa untuk mengetes minat dan bakat, lho!

Perluas Koneksi

Salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan gambaran terkait perkuliahan di jurusan tertentu adalah bertanya kepada mahasiswa yang sedang/telah menjalaninya. Sebagai siswa SMA, cobalah untuk menjalin komunikasi dengan alumni sekolahmu yang sedang berkuliah di universitas yang kamu inginkan, dan bertanya terkait jurusan yang sedang mereka jalani. Dengan mengetahui aktivitas dan materi yang dipelajari, kamu akan mendapatkan lebih banyak pertimbangan untuk memilih jurusan kuliahmu nantinya.

Demikianlah Cara Memilih Jurusan Kuliah yang bisa anda jadikan refrensi. Jika anda memerlukan program bantuan dalam hal pembiayaan, anda bisa mencoba mempersiapkannya silahkan anda baca pada tautan berikut Beasiswa S1.

Silahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda, supaya mereka tidak salah memilih Jurusan Kuliah.

5/5 - (44 votes)

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!