Cara Membuat Personal Statement Beasiswa

Sebelum kalian mencari tahu bagaimana cara membuat personal statement beasiswa, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu personal statement. Biasanya personal statement tersebut diajukan sebagai persyaratan untuk mendaftar beasiswa tertentu selain CV Beasiswa. Tujuannya agar para penyeleksi bisa memilih kandidat yang terbaik dan tepat untuk bisa menjadi awarde dari program beasiswa tersebut.

Cara Membuat Personal Statement Beasiswa

Tentang Personal Statement Beasiswa

Personal statement adalah salah persyaratan yang sering dibutuhkan untuk mendaftarkan diri pada sebuah program beasiswa. Personal Statement yaitu sebuah berkas seleksi yang berisi pernyataan diri untuk menjabarkan dengan mempromosikan diri kita sebaik dan sekreatif mungkin karna hal tersebut sebagai bahan pertimbangan dan penilaian untuk menyeleksi para kandidat pelamar beasiswa yang menggambarkan bagaimana dirimu sebenarnya.

Menulis personal statement yang bagus sangat penting jika kamu berharap ingin memenangkan atau meraih beasiswa tersebut. personal statement adalah kesempatan kamu untuk menyakinkan pihak penyeleksi bahwa kamu pantas dan layak mendapatkan beasiswa. Personal statement merupakan cara terbaik untuk membedakan diri kamu dengan para pendaftar lainnya. Berikut ialah tahap-tahap cara membuat personal statement untuk kamu pencari beasiswa.

Baca Juga  Download Contoh Surat Aktif Kuliah

Tahap-Tahap Cara Membuat Personal Statement untuk Beasiswa

Pastikan kamu memahami jari diri kamu yang sebenarnya

Menulis perkenalan diri secara singkat dan jelas. Didalam perkenalan kamu bebas mengekspresikan diri kamu dan pastikan dalam penulisan perkenalan jangan membuat autobiografi. Didalam perkenalan bisa dijelaskan mulai dari minat dan bakat yang menarik beserta alasannya seperti dampak yang didapatkan buat diri kamu sendiri dan sekitar untuk kedepannya seperti apa.

Lakukan riset dan persiapan

Identifikasi dan lakukan kualifikasi dengan fakta yang menarik serta hal-hal penting terhadap universitas, jurusan maupun negara yang akan kamu tuju untuk melanjutkan studi lanjutan yang didaftrakan melalui beasiswa tersebut. Pada paragraf ini kamu harus menjelaskan secara gamblang menampilkan keseriusan dari kamu untuk menjalani studi dengan beasiswa yang ditawarkan pihak penyelenggara.

Ceritakan pengalaman dan pencapaian prestasi

Menceritakan tentang pengalaman-pengalaman yang pernah kamu lalui yang berkesan dalam hidupmu. Seperti pengalaman dalam berorganisasi, kepanitiaan serta volunteer. Menjelaskan kontribusi apa yang sudah diberikan atau apa saja yang sudah pernah kamu kerjakan, yang paling terpenting dalam pengalaman tersebut kamu bisa belajar apa saja dari pengalaman berkesan tersebut. Untuk pencapaian prestasi, jabarkan prestasi yang paling terbaik yang pernah kamu dapatkan dan kesulitan serta tantangannya apa saja yang pernah kamu hadapi hingga menjadi pemenangnya atau sebaliknya bagaimana kamu mengatasi kegagalan tersebut. Ketahuilah kekuatan yang kamu miliki agar dapat memudahkan kamu dalam menceritakan dirimu dengan versi terbaikmu.

Baca Juga  Tips Mendapatkan Skor TOEFL Tertinggi

Tunjukan keunggulan

Ceritakan keunikan yang kamu miliki serta yang bisa memberikan dampak baik bagi program beasiswa. Tuangkan ide jangan ragu dalam menyatakan ambisi serta kemampuanmu sebagai bentuk kontribusi bagi bangsa dan negara di masa depan nantinya. Hal tersebut untuk menyakinkan tim pihak pemberi beasiswa yakin bahwa kamu merupakan sosok yang ideal untruk mendapatkan beasiswa tersebut. Dengan begitu mereka akan yakin dan mantap bahwa kamu layak menjadi penerima yang tepat. Sampaikan apa yang ingin kamu lakukan dan kembangkan, terlebih dengan beasiswa tersebut. Jelaskan jika prestasimu nanti tidak hanya berdampak positif untuk dirimu tetapi juga dalam hal lainnya.

Perhatikan dalam penulisan

Pastikan efektif dalam menulis, setiap tulisan harus bermakna dan logis sesuai dengan keadaan dan tidak terbelit-belit. Perhatikan tata bahasa, tanda baca, serta struktur kalimatnya. Gunakan kalimat aktif agar lebih menarik pembaca. Baca kembali tulisan untuk mengecek kesesuaian tulisan tersebut baik secara EYD, dan lakukan revisi kata maupun kalimat agar lebih baik. Dengan mengganti kalimat yang digunakan atau menghilangkan bagian yang kurang diperlukan. Perlu diingat dalam penulisan sangat penting jika menempatkan bagian yang menarik yaitu bagian yang menginspirasi pada paragraf pertama, agar penyeleksi tertarik dalam membaca lebih lanjut personal statement yang sudah kamu buat tersebut.

Baca Juga  Contoh Minat Dan Bakat Untuk Beasiswa

Demikian tahap-tahap cara membuat personal statement yang harus diketahui para pelamar beasiswa. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk rekan-rekan pejuang beasiswa. Lakukan persiapan sebelum kesempatan datang, karna kesempatan tidak datang dua kali.

5/5 - (32 votes)

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!