Beasiswa Unggulan Kemendikbud: S1, S2 dan S3

Daftarbeasiswa.com| Kementerian Pendidikan dan kebudayaan telah meluncurkan Beasiswa untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 yaitu Beasiswa Unggulan Berprestasi. Program yang diluncurkan oleh Kemendikbud ini merupakan beasiswa dalam negeri. Beasiswa ini ditujukan kepada calon mahasiswa baru yang sudah diterima di perguruan tinggi atau anda yang sedang berkuliah.

Beasiswa Unggulan Berprestasi

Beasiswa ini diberikan kepada anda yang memiliki prestasi baik tingkat nasional dan internasional serta anda berkontribusi kepada bangsa di segala bidang. Beasiswa ini diberikan kepada anda untuk membantu biaya pendidikan.

Komponen Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Yang menjadi salah satu keuntungan anda bahwa beasiswa ini hampir semua perguran tinggi membuka program ini. Sehingga peluang anda untuk mendapatkan beasiswa ini sangat besar. Komponen beasiswa ni juga sangat menjanjikan yaitu selain anda akan diberikan biaya pendidikan, ada banyak benefit yang akan anda dapatkan jika anda dinyatakan diterima sebagai penerima beasiswa Unggulan. Berikut ini komponen Beasiswa Unggulan Kemendikbud:

  1. Biaya Pendidikan
    Anda akan dibiaya selama menjalani pendidikan yang anda tempuh pada jenjang S1, S2 dan S3
  2. Biaya Hidup
    Anda akan mendapatkan bantuan biaya hidup selama menjalani pendidikan
  3. Biaya Buku
    Anda juga mendapatkan biaya untuk pembelian Buku yang dibutuhkan selama perkuliahan
  4. Biaya Penelitian
    Anda juga akan diberikan bantuan biaya riset untuk menyelesaikan studi anda

Dan masih banyak lagi benefit yang akan anda dapatkan. Banyak sekali keuntungan yang akan anda dapatkan jika anda dinyatakan diterima pada program beasiswa ini. Sangat disayangkan jika anda tidak mencobanya.

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Kemendikbud

Lalu persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa Unggulan Berprestasi ini? Berikut ini persyaratan Umum yang anda butuhkan:

  1. Pelamar yang memiliki sertifikat prestasi tingkat Internasional dan Nasional akan diutamakan sebagai penerima beasiswa
  2. Anda mendapatkan surat rekomendasi dari institusi terkait;
  3. Pelamar tidak sedang mendapatkan beasiswa sejenis dari sumber lain; dan
  4. Pelamar tentunya sudah diterima pada perguruan tinggi terakreditasi.
Baca Juga  Beasiswa S1 Terbaru 2021-2022

Persyaratan Khusus Beasiswa Program Sarjana (S1)

Jika anda memenuhi persyaratan diatas, silahkan anda baca dan lengkapi persyaratan berikut ini untuk mahasiswa baru dan on going pada jenjang S1:

  1. Pelamar adalah mahasiswa yang berusia maksimal 22 tahun.
  2. Mengisi nilai Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi siswa lulusan dalam negeri.
  3. Bagi mahasiswa S1 yang sedang berkuliah (ongoing) mempunyai nilai IPK minimal 3,25 pada skala 4,00.
  4. Membuat karya tulis berupa essay/karangan menggunakan Bahasa Indonesia, dengan ketentuan:
    a. Judul/tema: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia”.
    b. Essay/karangan ditulis dengan panjang 3 s/d 5 halaman pada kertas ukuran A4 dengan format font Times New Roman, ukuran huruf 12 dan spasi 1.5 lines.

Persyaratan Beasiswa Program Master (S2)

Berikut ini jika anda sedang menempuh pendidikan S2 pada saat melamar Beasiswa Unggulan Berprestasi.

  1. Pelamar harus memiliki usia maksimal 32 tahun.
  2. Anda harus mempunyai Surat Keterangan Lulus/Letter of Acceptance (LoA) Unconditional bagi mahasiswa yang baru diterima di Perguruan Tinggi dengan akreditasi institusi minimal B ATAU Surat Keterangan Aktif Kuliah dari dekan atau direktur pascasarjana bagi mahasiswa on-going (yang sedang berkuliah) pada Perguruan Tinggi dengan akreditasi institusi minimal B.
  3. Mempunyai nilai IPK S1 minimal 3,25 (skala 4,00) baik untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa on-going.
  4. Diutamakan bagi mahasiswa yang mempunyai kemampuan bahasa Inggris dengan skor TOEFL ITP min. 500 / iBT min. 61 / IELTS min. 5,5.
  5. Membuat proposal rencana studi yang berisi alasan mengambil program studi yang dipilih dan rencana penelitian tugas akhir (tesis).

Persyaratan Khusus Beasiswa Doktoral (S3)

Berikut ini persyaratan yang dibutuhkan jika anda sedang menempuh pendidikan doktoral:

  1. Berusia maksimal 40 tahun.
  2. Mempunyai Surat Keterangan Lulus/Letter of Acceptance (LoA) Unconditional bagi mahasiswa yang baru diterima di Perguruan Tinggi dengan akreditasi institusi minimal B ATAU Surat Keterangan Aktif Kuliah dari dekan atau direktur pascasarjana bagi mahasiswa on-going (yang sedang berkuliah) pada Perguruan Tinggi dengan akreditasi institusi minimal B.
  3. Mempunyai nilai IPK S2 minimal 3,40 (skala 4,00) baik untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa on-going.
  4. Diutamakan bagi mahasiswa yang mempunyai kemampuan bahasa Inggris dengan skor TOEFL ITP min. 500 / iBT min. 61 / IELTS min. 5,5.
  5. Membuat proposal rencana studi yang berisi alasan mengambil program studi yang dipilih dan rencana penelitian tugas akhir (disertasi).
Baca Juga  Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi: Beasiswa S1, S2 dan S3

Berkas Dokumen Pendaftaran

Jika anda memenuhi persyaratan diatas baik untuk program S1, S2 dan S3, silahkan anda lengkapi dokumen yang akan anda butuhkan untuk mendaftarkan diri pada progam Beasiswa Unggulan Kemendikbud ini.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Kartu Tanda Mahasiswa (khusus mahasiswa on-going).
  3. LoA Unconditional bagi mahasiswa baru. Sedangkan bagi mahasiswa on-going melampirkan Surat Tanda Aktif Kuliah.
  4. Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir bagi mahasiswa on-going.
  5. Ijazah dan transkrip nilai terakhir.
  6. Sertifikat TOEFL/IELTS (untuk pelamar Beasiswa S1 tidak diwajibkan).
  7. Proposal rencana studi (berisi rencana perkuliahan dan SKS per-semester yang akan ditempuh hingga selesai studi, topik apa yang akan ditulis dalam skripsi/tesis/disertasi, jelaskan kegiatan di luar perkuliahan yang akan dilakukan selama masa studi dan bagaimana implementasi hasil studi di masyarakat).
  8. Surat rekomendasi dari civitas akademik atau institusi terkait (Download Format).
  9. Surat pernyataan tidak sedang mendapatkan beasiswa sejenis dari sumber lain (Download Format).
  10. Sertifikat prestasi minimal tingkat kabupaten.
  11. Essay menggunakan bahasa Indonesia dengan judul: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia” ditulis sebanyak 3-5 halaman pada kertas A4 dengan format huruf Times New Roman 12 spasi 1.5
Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi
Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Baca Juga : Contoh Proposal Rencana Studi Beasiswa Unggulan

Prosedur Pendaftaran dan Deadline Pendafatran

Pendaftaran dilakukan secara online, pastikan anda membaca tahapan dan dokumen yang dibutuhkan. Jangan sampai ada berkas ada yang tertinggal. Semua berkas dalam bentuk Soft file yang akan di Upload di Halaman pendaftaran.

  1. Sebelum melakukan pendaftaran pada Website resminya, silahkan anda baca FAQ (beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh calon pelamar) Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi. Silahkan anda baca FAQ di Sini.
  2. Setelah anda yakin silahkan anda lakukan pendaftaran pada website resmi Beasiswa Unggulan. Berikut ini Website resmi Pendaftaran Beasiswa Unggulan
  3. Buka email untuk melakukan aktivasi akun yang didaftarkan pada saat registrasi. Apabila link aktivasi tidak ada lebih dari 30 menit, klik tombol Bantuan untuk mengganti email.
  4. Selanjutnya peserta melakukan login menggunakan akun yang telah didaftarkan dan diaktivasi.
  5. Peserta melengkapi form pendaftaran, isi sesuai dengan data yang valid. Apabila telah memasukkan data yang sesuai, maka akan mendapatkan nomer registrasi.
  6. Pengumuman hasil seleksi tahap 1 akan diumumkan via email.
  7. Pemanggilan seleksi tahap 2 akan diumumkan melalui email.
  8. Pengumuman akhir dapat dilihat pada akun yang terdapat di website https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id serta pada email masing-masing. Peserta yang lolos akan melakukan tanda tangan kontrak dan bimtek.
  9. Peserta yang lolos akan mengisi form untuk pencairan dana sesuai dengan kebutuhan universitas atau yang telah ditentukan.
Baca Juga  Beasiswa Telkomsel Ikatan Dinas: Kuliah Telkom University

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 21 SEPTEMBER 2020 s/d 3 OKTOBER 2020. Dan perlu di inggat Setiap Tahun Beasiswa ini dibuka.

Kontak Person Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Untuk informasi lebih lanjut tentang beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dapat menghubungi kontak sekretariat Program Beasiswa Unggulan berikut ini:

Sekretariat Program Beasiswa Unggulan
Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Gedung C Lantai 13 Jl. Jenderal Sudirman
Senayan – Jakarta, 10270
Telp. (021) 57-111-44 ext. 3301
Email: beasiswa.unggulan@kemdikbud.go.id
Sumber Informasi Resmi: beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

Demikianlah informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendafatran beasiswa unggulan masyarakat berprestasi Kemendikbud. Silahkan anda persiapkan diri dan persyaratan yang dibutuhkan. Silahkan mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa silahkan join group Whatsapp kami untuk mendapatkan informasi terbaru.

2.6/5 - (53 votes)

5 pemikiran pada “Beasiswa Unggulan Kemendikbud: S1, S2 dan S3”

  1. Mohon penjelasannya kesempatan apa yg dpt diperoleh bagi calon mahasiwa program Diploma? Karena pemikiran saya memilih diploma masa kuliah tidak lama, otomatis biaya yg diperlukan tidak sebesar S1 ternyata pemikiran saya salah, anak saya hrs membayar uang sumbangan masuk PTN dan biaya kuliah per semester sama rata, tidak spt S1 yg ada pilihan sesuai kemampuan ortu ditambah ada beberapa yg bebas uang sumbangan krn ada subisidi dari pemerintah. Memang di awal memilih program Diploma saya sdh tahu ada biaya2 tsb, namun ketika tahu ada S1 yg dpt subsidi ditambah keistimewaan yg diberikan Kemendikbud…saya merasa pilihan anak saya masuk Vokasi ternyata pilihan yg tidak tepat dgn kondisi ekonomi spt sekrg ini

    Balas
    • Saya kurang Tau Bu,alasan yang jelas mengapa pemerintah memberikan beasiswa khususnya S1, S2 dan S3 pada program beasisa unggulan. Ada beberapa juga beasiswa yang diperuntukan untuk mahasiswa D3, dan D4. Seperti berikut ini Beasiswa D3, Dan Beasiswa D4 namun tidak sebanyak beasiswa S1, S2 dan S3. Join ke group Whatsapp kami Bu, nanti akan kami update informasi beasiswa terbaru di sana. Ini Link Groupnya

      Balas

Tinggalkan komentar