Beasiswa Santri LPDP: Beasiswa S2 dan S3 Luar Negeri

Beasiswa Santri LPDP sudah dibuka untuk anda santri yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Luar negeri. Pasti banyak sekali dari sahabat daftarbeasiswa.com yang menanti dibukanya program beasiswa ini. Kami pernah membahasnya pada 10 bulan yang lalu, dan sekarang program ini sudah dibuka untuk anda. SIlahkan anda baca seputar beasiswa santri di sini.

Beasiswa Santri LPDP
Beasiswa Santri LPDP

Tentang Beasiswa Santri LPDP

Program beasiswa ini diberikan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dari Kementerian keuangan. Perlu anda ketahui bahwa Beasiswa Santri ini ditujkan kepada anda santri yang diusulkan oleh pondok pesantren berdasarkan rekomendasi pimpinan pesantren dan Kementerian Agama, dengan ketentuan bahwa pelamar merupakan Aktif sebagai pendidik, dan/atau tenaga kependidikan di Pondok Pesantren atau satuan-satuan Pendidikan keagamaan yang diselenggarakan oleh pesantren sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun terakhir.

Atau anda merupakan alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dan/atau Ma’had Aly lulusan 2 (dua) tahun terakhir dapat mengikuti program beasiswa ini.

Para penerima program beasiswa ini ketika sudah menyelesaikan pendidikannya maka anda melaporkan kelulusan kepada Kementerian Agama c.q Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dengan harapan bahwa lulusan program beasiswa Santri LPDP ini berkontribusi di pondok pesantren asal atau pondok pesantren lain dengan persetujuan pondok pesantren asal atau anda dapat mMengikuti program pendayagunaan sesuai aturan di Kementerian Agama.

Komponen Beasiswa

Jika anda dinyatakan diterima pada program beasiswa ini maka anda akan mendapatkan komponen beasiswa berikut ini:

  1. Setiap penerima program beasiswa akan mendapatkan bantuan biaya Pendidikan meliputi
    1. Biaya Pendaftaran
    2. Biaya SPP/Tuition Fee
    3. Tunjangan Buku
    4. Biaya Penelitian Tesis/Disertasi
    5. Biaya Seminar Internasional
    6. Biaya Publikasi Jurnal Internasional
  2. Penerima program beasiswa santri ini juga akan mendapatkan bantuan biaya Pendukung selama anda melanjutkan pendidikan seperti:
    1. Transportasi
    2. Aplikasi Visa/Residence Permit
    3. Asuransi Kesehatan
    4. Biaya Hidup Bulanan
    5. Biaya Kedatangan
    6. Biaya keadaaan darurat
    7. Tunjangan keluarga (Khusus Doktor)
  3. Anda juga akan mendapatkan bantuan biaya Pengayaan

Persyaratan Pendaftaran

Jika anda berminat untuk mencobanya, berikut ini adalah persyaratan pendaftaran program beasiswa ini yang dikutip dari website resmi LPDP:

  1. Pelamar merupakan Warga Negara Indonesia;
  2. Anda telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor.
  3. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister untuk tujuan program magister ataupun doktor untuk tujuan program doktor baik di perguruaan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri;
  4. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi  magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi  doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor
  5. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP;
  6. Mengunggah surat keterangan mengabdi sebagai pendidik dan/atau tenaga kependidikan di pondok pesantren atau satuan-satuan pendidikan keagamaan yang diselenggarakan oleh pesantren sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun terakhir, yang ditandatangani oleh pimpinan pondok pesantren.
  7. Bagi alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dan/atau Ma’had Aly lulusan 2 (dua) tahun terakhir, melampirkan dokumen berikut:
    • Surat Persetujuan untuk mengikuti beasiswa santri dari pimpinan pondok pesantren asal;
    • Surat keterangan penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dari Kementerian Agama c.q Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren; khusus untuk alumni penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).
    • Melampirkan riwayat pendidikan selain pesantren jika ada, yang sekurangnya meliputi nama institusi pendidikan, jenjang pendidikan, durasi waktu, lokasi, dan sertifikat atau ijazah
    • Surat Rekomendasi dari Pimpinan Pondok Pesantren
    • Bersedia menandatangani/ menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit (poin-poin terlampir)
  8. Program beasiswa ini terdapat batasan usia, silahkan anda perhatikan batasan usia berikut ini:
    • pelamar pada jenjang magister paling tinggi 42 (empat puluh dua) tahun.
    • pelamar pada doktoral paling tinggi 47 (empat puluh tujuh) tahun.
  9. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Pendaftar jenjang magister memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 2,75 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
    • Pendaftar jenjang doktoral memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
    • Untuk pendaftar Lulusan Luar Negeri, nilai IPK dikonversi ke skala 4 melalui tautan  https://www.scholaro.com/gpa-calculator/  atau hasil penyetaraan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan hasil konversi atau hasil penyetaraan diunggah/dilampirkan bersamaan dengan transkrip nilai. 
  10. Khusus untuk Pendaftar Beasiswa Santri jenjang pendidikan Doktoral yang lulusan program magister hanya melakukan penelitian dan tidak memiliki IPK, wajib melampirkan ijazah, hasil sidang penelitian, dan transkrip nilai.
  11. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com), IELTS (www.ielts.org), Duolingo English Test (englishtest.duolingo.com), atau Test of English Proficiency/TOEP (plti.co.id) dengan ketentuan sebagai berikut:
  12. Pendaftar program magister  luar negeri dan doktor luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, IELTS™ 6.0, Duolingo English Test 95, TOEP 66.
  13. Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.
Baca Juga  Beasiswa Stimulan Bontang Untuk Mahasiswa D1 D2 D3 S1S2 dan Profesi

Prosedur Pendaftaran

Jika anda berminat untuk mencoba program beasiswa ini maka silahkan anda lakukan pendaftaran online melalui portal pendaftaran beasiswa LPDP. Silahkan anda persiapkan berkas persyaratan yang dibutuhkan dan daftarkan diri anda pada form berikut ini: Portal Pendaftaran

Tahapan Seleksi

Para pendaftar program beasiswa ini melakukan pendaftaran secara online dan mengikuti beberapa tahapan proses seleksi. Berikut ini adalah tahapan seleksi program beasiswa ini:

  1. Seleksi Administrasi;
  2. Seleksi Substansi Akademik dan Kebangsaan; dan
  3. Seleksi Wawancara

Format Penulisan Komitmen, Rencana serta proposal

Berikut ini format yang diberikan oleh penyelenggara dalam hal ini LPDP untuk penulisan komitmen, rencana kontribusi serta proposal penelitian untuk program doktor

Komitmen dan Rencana Kontribusi

Untuk lembar komitmen dan rencana kontribusi di Indonesia pasca setelah menyelesaikan pendidikan tidak memiliki format yang baku. Namun Komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi di tulis dengan jumlah 1500 – 2000 kata yang menggambarkan tentang

  1. Deskripsikan diri Saudara.
  2. Deskripsikan masalah urgent yang sedang dialami oleh Indonesia ataupun lingkungan sekitar anda dan solusi penyelesaian yang Anda tawarkan.
  3. Deskripsikan pentingnya ilmu yang akan anda ambil dan bagaimana ilmu dan Anda dapat berkontribusi dalam penyelesaian masalah yang terjadi
  4. Deskripsikan mimpi Saudara tentang Indonesia masa depan.
  5. Deskripsikan peran apa yang akan Saudara lakukan.
  6. Deskripsikan cara Saudara mewujudkan mimpi tersebut.

Proposal Penelitian Jenjang Doktor

Proposal Penelitian (Khusus Doktor) ditulis dengan banyak jumlah kata sebanyak 1500 – 2000 kata. Proposal penelitian ini mencakup sebagai berikut:

  1. Judul Penelitian Tuliskan judul penelitian.
  2. Latar Belakang Uraikan secara singkat topik isu yang ingin Anda meneliti dan mengapa signifikan untuk Anda teliti.
  3. Perumusan Permasalahan (Statement of Problem) Uraikan secara singkat apa yang telah Anda ketahui tentang topik isu tersebut dan diskusikan secara ringkas mengapa masih perlunya Anda meneliti. Tunjukkan bahwa solusi terhadap isu yang telah ada masih belum terselesaikan sepenuhnya sehingga Anda ingin melakuan penelitian.
  4. Pertanyaan/Tujuan Penelitian Rumuskan tujuan pertanyaan penelitian.
  5. Kelogisan (Rationale) Jelaskan bagaimana pertanyaan penelitian mendukung topik isu besar yang diangkat dalam latar belakang penelitian. Khusus penelitian, jelaskan hipotesis (jika ada) dan/atau model penelitian yang mendukung tujuan/pertanyaan penelitian.  Jelaskan pula kontribusi teoritis dan praktis jika hipotesis tidak terbukti.    
  6.  Metode dan Desain Jelaskan bagaimana Anda akan mengumpulkan data dan mengapa? Jelaskan mengapa metode ini adalah terbaik untuk mencapai tujuan Anda. Jelaskan analisis dan hasil yang mendukung maupun tidak mendukung hipotesis. Cantumkan outline jadwal penelitian dari awal sampai selesai. 
  7.  Signifikansi/Manfaat Deskripsikan secara umum, bagaimana penelitian yang Anda usulkan berguna baik secara teoritis maupun praktis.
  8. Kesimpulan dan Saran Deskripsikan secara umum, bagaimana program penelitian yang Anda usulkan berguna baik secara teoritis maupun praktis. 
  9. Daftar Pustaka 
Baca Juga  Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang: Beasiswa Monbukagakusho/MEXT

Kontak Resmi

Bagaimana anda berminat untuk mencoba program beasiswa ini? Apabila anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan anda kunjungi website resmi penyelenggara atau jika anda memiliki pertanyaan silahkan anda hubungi kontak yang tersedia.

Download Panduan : Panduan Pendaftaran

Website : LPDP

Kontak : bantuan.lpdp.kemenkeu.go.id

Silahkan anda coba program beasiswa ini jika anda ingin melanjutkan pendidikan dengan program beasiswa luar negeri. Silahkan anda bagikan informasi program beasiswa ini kepada sahabat dan keluarga anda.

5/5 - (14 votes)

2 pemikiran pada “Beasiswa Santri LPDP: Beasiswa S2 dan S3 Luar Negeri”

Tinggalkan komentar