Daftarbeasiswa.com| Halo sahabat pencari beasiswa, kali ini saya informasikan salah satu daftar beasiswa S2 S3 ITB 2019-2020 yang bisa anda coba. Hampir tiap tahun Institut Teknologi Bandung atau yang dikenal dengan ITB yang merupakan salah satu kampus ternama dan terkemuka di Indonesia. Tiap tahunnya, ITB tidak hanya membuka satu (1) beasiswa S2 dan S3 Pascasarjana ITB, namun biasanya terdiri dari beberapa beasiswa yang ditawarkan kepada anda untuk melanjutkan kuliah baik S2 dan S3 di ITB.

Beasiswa S2 ITB 2019-2020 ini bisa anda coba dan perlu anda ketahui, beasiswa ini setiap tahunnya dibuka. Beasiswa apa saja yang ditawarkan di ITB? Berikut ini kita akan bahas beasiswa S2 ITB yang bisa anda coba:

Beasiswa S2 S3 ITB 2019-2020

Beasiswa S2 S3 ITB 2019-2020

Beasiswa BPPDN 2019-2020

Beasiswa BPPDN atau yang dikenal dengan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri ini dikhususkan untuk kamu yang ingin melanjutkan S2 dan S3 di beberapa perguruan tinggi negeri dan ITB adalah salah satunya. Beasiswa ini ada beberapa kategori diantaranya Kategori Dosen, Tenaga Kependidikan dan Calon Dosen.

Beasiswa Dalam Negeri Untuk Dosen

BBPDN Untuk dosen memiliki tujuan yaitu Memberi kesempatan kepada dosen tetap perguruan tinggi yang berpendidikan magister untuk
melanjutkan pendidikan ke jenjang Doktor. Kedua, Beasiswa ini digunakan untuk meningkatkan sumberdaya manusia perguruan tinggi Indonesia yang berkualitas dan berkontribusi dalam peningkatan daya saing bangsa serta meningkatkan peran dosen dalam rangka peningkatan mutu kelembagaan dan lulusan perguruan tinggi yang mampu berkontribusi secara nyata dalam peningkatan daya saing bangsa.

Persyaratan beasiswa BPPDN Dosen

Beasiswa tentunya diperuntukan bagi dosen tetap yang telah memiliki NIDN/NIDK. Secara rinci persyaratan calon penerima BPPDN untuk dosen adalah sebagai berikut.

  • Dosen tetap pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun swasta di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang telah mempunyai NIDN/ NIDK;
  • Tidak sedang mendapatkan tugas tambahan sebagai Sekretaris Program Studi, Ketua Program Studi, Wakil/Pembantu Dekan, Dekan, Wakil/Pembantu Rektor, Rektor;
  • Memenuhi persyaratan Tugas Belajar yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 48 Tahun 2009. Surat Keputusan Tugas Belajar (sebagaimana tercantum pada peraturan tersebut) harus diperolehnya maksimal satu tahun sejak diterima sebagai mahasiswa. Segala
    konsekuensi yang diakibatkan oleh tidak diurusnya SK Tugas Belajar tersebut menjadi tanggung jawab dosen yang bersangkutan dan perguruan tinggi/LL DIKTI yang mengirimnya.

Beasiswa PMDSU 2019-2020

Pemerintah melalui kementerian terkait telah membuka penyelenggaraan pendidikan doktor yang dinamakan Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). Beasiswa Ini juga bisa anda coba untuk melanjutkan kuliah di ITB sebagai mahasiswa Pascasarjana.

Sebenarnya ITB sudah melaksanakan program serupa melalui skema Program Doktor Unggulan  di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sejak tahun 2009. Program Doktor Unggulan FMIPA ITB merupakan program doktor empat tahun yang diperuntukkan bagi lulusan S1 bidang MIPA yang sangat berbakat, memiliki kemampuan akademik yang tinggi, kreatif, dan memiliki motivasi kerja sains yang baik, serta kemampuan komunikasi yang baik pula. Program ini dilakukan melalui immersion peserta ke dalam kelompok-kelompok riset keahlian yang sudah berjalan secara aktif dengan jejaring riset yang baik.

Proses seleksi dilakukan secara objektif berdasarkan seperangkat kriteria yang disesuaikan dengan karakteristik kegiatan ini. Seleksi dilakukan berdasarkan sekelompok kriteria, yang masing-masing memiliki bobot tersendiri sebagai berikut:

No. Kriteria Bobot (%)
1. Kelayakan Pembimbing/Tim Pembimbing 40
2. Kejelasan Roadmap Riset 20
3. Indikator Kinerja 10
4. Jejaring dengan PT/lembaga lain 10
5. Manajemen Program 20

Format Usulan PMDSU

  1. Halaman muka dan lembar identitas proposal.
  2. CV Pembimbing yang dilengkapi dengan data terkait riset, program doktor dan h-index Scopus.
  3. Deskripsi singkat dan roadmap riset program doktor (untuk 4 tahun, lihat skema di Pendahuluan) untuk setiap calon yang akan direkrut, beserta indikator keberhasilannya. Sertakan juga nama-nama anggota tim kopembimbing dan kolaborator dari institusi lain.
  4. CV anggota tim.
  5. Pernyataan komitmen untuk merekrut calon mahasiswa yang memenuhi kriteria yang ditentukan.
  6. Jilid dengan cover warna kuning (3 kopi), softcopy dalam bentuk Word (MS-Word atau pun Open Source)

Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI)

Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI) diperuntukkan bagi mahasiswa S3 pada pascasarjana penyelenggara BPP-DN dan ITB merupakan salah satu penyelenggara beasiswa BBPDN.

Persyaratan Beasiswa PKPI

Syarat-syarat calon penerima beasiswa PKPI adalah sebagai berikut:

  1. Karena beasiswa ini diperuntukan untuk meningkatkan kualitas maka calon penerimanya adalah Dosen tetap PTN maupun PTS di lingkungan Kemenristekdikti yang masih aktif studi pada salah satu Pascasarjana penyelenggara BPP-DN
  2. Anda harus memiliki NIDN atau NIDK;
  3. Anda juga diharuskan sudah Lulus ujian proposal penelitian S3 dengan Promotor yang sudah bersifat tetap;

Demikianlah beberapa daftar beasiswa S2 S3 ITB 2019-2020 yang bisa anda coba. Perlu saya tekankan kembali bahwa beasiswa ini hampir setiap tahun dibuka sehingga persiapkan diri anda untuk mencoba beasiswa S2 S3 ITB ini.

Semoga bermanfaat dan silahkan bagikan kepada yang lainnya.