Beasiswa S1 Korea Selatan : Global Korean Scholarship (GKS)

Daftarbeasiswa.com| Beasiswa S1 Korea Selatan dalam bentuk program Global Korean Scholarship (GKS) dibuka hingga akhir Oktober. Ini adalah kesempatan untuk anda jika ingin berkuliah di Luar Negeri dengan program beasiswa. Global Korean Scholarship (GKS) ini sebelumnya dikenal dengan nama Korea Government Scholarship Program (KGSP).

Program GKS ini diperuntukan untuk anda pelajar lulusan SMA/SMK Sederajat meraih gelar S1 dan diploma, GKS 2021 membuka kesempatan pendaftaran melalui 2 jalur, yaitu jalur universitas (university track) dan jalur Kedutaan Besar Korea (embassy track) di Jakarta.

Beasiswa S1 Korea Selatan
Beasiswa S1 Korea Selatan

Komponen Beasiswa

Penerima beasiswa S1 Korea Selatan melalui program Global Korean Scholarship 2021 bisa mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut.

  1. Anda akan mendapatkan tiket pesawat kelas ekonomi pulang pergi untuk penerima beasiswa. Pada saat  pertama kali datang dan setelah menyelesaikan perkuliahan
  2. Anda akan mendapatkan tunjangan kedatangan sebesar 200.000 KRW atau setara dengan Rp2,5 juta.
  3. Anda juga akan mendapatkan tunjangan biaya hidup perbulan sebesar 900.000 KRW (Rp11,4 juta).
  4. Anda juga akan mendapatkan pelatihan bahasa Korea selama 1 tahun.
  5. Gratis uang kuliah.
  6. Gratis biaya masuk universitas.
  7. Asuransi kesehatan sebesar 60.000 KRW (Rp750.000) per bulan.
  8. Bagi penerima beasiswa yang memiliki skor akhir TOPIK level 5 dan 6 mendaptakan uang kemahiran bahasa Korea sebesar 100.000 KRW (Rp1,2 juta) per bulan selama masa berlaku hasil ujian.
  9. Untuk penerima beasiswa GKS yang kembali ke negara asalnya setelah lulus akan mendapatkan uang penyelesaian gelar sebesar 100.000 KRW (Rp1,2 juta).

Persyaratan Pendaftaran

Untuk mendaftar beasiswa GKS 2021, pelamar harus memenuhi beberapa syarat di bawah ini:

  1. Pelamar dan orangtua pelamar bukan merupakan warga negara Korea Selatan.
  2. Pelamar harus memiliki usia di bawah 24 tahun (lahir setelah 1 Maret 1996).
  3. Anda harus memiliki ijazah atau diharapkan lulus SMA pada 1 Maret 2021.
  4. Anda harus mampu dan mau untuk mempertahankan nilai rata-rata kumulatif atau lebih tinggi dari universitas yang dituju.
  5. Dalam keadaan sehat dengan menyerahkan “Personal Medical Assessment” pada saat melamar.
Baca Juga  Beasiswa Unggulan Kemendikbud: S1, S2 dan S3

Dokumen Pendaftaran

Jika anda memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, maka persiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran pada program beasiswa S1 Korea Selatan berikut ini:

  1. Formulir pendaftaran.
  2. Surat Pernyataan pribadi.
  3. Proposal Rencana studi. Untuk Contoh proposal bisa dilihat disini.
  4. Dua surat rekomendasi.
  5. Perjanjian pemohon Global Korean Scholarship.
  6. Menyerahkan hasil Penilaian medis pribadi.
  7. Ijazah kelulusan sekolah menengah (atau diharapkan sertifikat kelulusan).
  8. Transkrip nilai dari sekolah.
  9. Akta kelahiran, KTP dan Kartu keluarga pelamar
  10. Akta kelahiran, KTP dan KK orang tua

Prosedur Pendaftaran

Jalur pendaftaran untuk program beasiswa S1 Korea Selatan Global Korean Scholarship ini memiliki dua jalur pendaftaran. Jalur tersebut yaitu jalur pendaftaran Universitas dan melalui kedutaan besar korea. Perlu anda ketahu bahwa meski ada 2 cara pendaftaran, pelamar hanya boleh mendaftar dari salah satu jalur.

Berikut ini merupakan penjelasan dari perbedaan jalur pendaftaran Universitas dan melalui Kedutaan Besar Korea:

Jalur Universitas

Pelamar yang akan mendaftar pada program GKS harus lolos tahap seleksi pertama yang ditetapkan oleh universitas yang ditunjuk. Melalui jalur Universitas ini, GKS akan menerima 60 mahasiswa internasional dari 72 negara untuk gelar sarjana pada jurusan Teknik atau Ilmu Alam serta 35 mahasiswa internasional dari 17 negara pada gelar diploma. Dari Indonesia, GKS menyiapkan kuota sebanyak 3 orang untuk mengenyam pendidikan pada jurusan Teknik dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sementara itu, GKS memberikan kesempatan untuk 2 pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan untuk meraih gelar diploma.

Jalur Kedutaan Besar Korea

Serupa tapi tak sama dengan jalur Universitas, setiap pelamar harus berhasil melalui proses seleksi pertama yang ditetapkan oleh Kedutaan Besar Korea di negara asalnya. GKS 2021 hanya menerima 125 mahasiswa internasional dari 77 negara untuk menggelar sarjana di Korea. Dari Indonesia, GKS 2021 menerima 5 pelajar yang mendaftar melalui jalur Kedutaan Besar Korea.

Baca Juga  Beasiswa Seoul Youth Leadership Forum: Beasiswa Pertukaran Pemuda di Korea Selatan

Silahkan anda pilih jalur mana yang akan anda lalui untuk mendaftarkan diri pada program ini.

Deadline Pendaftaran Beasiswa S1 Korea Selatan
Deadline Pendaftaran Beasiswa S1 Korea Selatan

Kontak Resmi

Untuk informasi lebih lanjut terkait prosedur dan proses pendaftaran silahkan anda kunjungi website resmi Global Korean Scholarsip dan unduh panduannya.

Webiste : Study in Korea

Demikian informasi tentang beasiswa S1 di Korea Selatan yang bisa anda coba melalui program Global Korean Scholarship. Silahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan kerabat anda.

Tinggalkan komentar