Beasiswa PMDSU 2021 Bacth VI

Daftarbeasiswa.com|Halo sahabat daftarbeasiswa.com, info kali ini tentang segera dibukanya beasiswa PMDSU 2021 Bacth VI. Beasiswa PMDSU atau yang dikenal dengan Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul merupakan salah satu program beasiswa unggulan untuk mencetak calon doktor dalam kurun waktu 4 tahun. Baca juga tentang artikel tentang Beasiswa PMDSU 

Beasiswa PMDSU 2021

Berdasarkan informasi yang kami terima bahwa program beasiswa PMDSU akan segera dibuka dalam waktu dekat. Hal ini bisa dikonfirmasi dari beberapa universitas ternama di Indonesia sudah menyelesaikan program seleksi calon promotor yang akan menjadi pembimbing calon penerima beasiswa.

Dalam penyelenggaraan program ini pada bacth V terdapat beberapa Universitas ternama di Indonesia yang dijadikan penyelenggaran program beasiswa ini. Besar kemungkinan universitas-universitas pada penyelenggaraan Beasiswa PMDSU Bacth sebelumnya, tetap menjadi penyelenggara program beasiswa ini. Untuk itu tidak ada salahnya anda mempersiapkan dari sekarang persyaratan yang dibutuhkan serta sering-sering mencari informasi pada kampus tujuan anda untuk mengambil program beasiswa doktor ini.

Daftar Univeristas PMDSU

Berikut ini daftar universitas yang menjadi penyelenggara program beasiswa ini:

  1. Institut Pertanian Bogor,
  2. Institut Teknologi Bandung,
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember,
  4. Universitas Airlangga,
  5. Universitas Brawijaya,
  6. Universitas Diponegoro,
  7. Universitas Gadjah Mada,
  8. Universitas Hasanuddin,
  9. Universitas Indonesia,
  10. Universitas Sriwijaya,
  11. Universitas Sumatera Utara
  12. Universitas Syiah Kuala,
  13. Universitas Padjajaran,
  14. Universitas Negeri Padang dan
  15. Universitas Udayana.

Terdapat kemungkinan dalam penyelenggaraan program batch yang ke VI, ada penambahan universitas yang menjadi tujuan anda menyelesaikan program doktoral.

Beasiswa PMDSU 2021
Beasiswa PMDSU 2021

Skema Beasiswa PMDSU Batch VI 2021

Pada penyelenggaraan program beasiswa PMDSU tahun ini sedikt berbeda dari sebelumnya, program ini memiliki dua skema dalam penyelengaraan program beasiswa doktor ini yaitu skema A (saintifik) dan skema B (Industri). Apa perbedaan dari dua skema Beasiswa PMDSU Bacth VI ini? Berikut ini penjelasan skema pendaftaran beasiswa PMDSU:

Baca Juga  Beasiswa Special Scholarship Program S3 di Kochi University of Technology Jepang

Skema A (Saintifik)

Skema A bertujuan menghasilkan SDM bergelar doktor dengan usia relatif muda, memiliki kemampuan riset dan inovasi yang menghasilkan publikasi pada jurnal ilmiah bereputasi internasional dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu serta anda akan  memiliki jejaring akademisi memadai baik di tingkat nasional maupun internasional.

Skema B (Industri)

Skema B bertujuan menghasilkan SDM bergelar doktor dengan usia relatif muda yang memiliki kemampuan riset dan inovasi serta menghasilkan publikasi pada jurnal ilmiah bereputasi internasional dan/atau paten dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan dunia usaha/industri dan juga  memiliki jejaring akademisi dan industri memadai baik ditingkat nasional maupun internasional.

Beberapa manfaat/benefit dari program Skema B ini Perguruan tinggi turut serta membantu Industri, menyelesaikan permasalahan aktual yang terjadi. Industri bekerjasama dengan promotor unggul serta peneliti muda masa depan Indonesia yang memiliki kompetensi akademik yang tinggi. Permasalahan industri diselesaikan melalui kerjasama antara industri dengan kelompok peneliti perguruan tinggi menggunakan fasilitas sarana  prasarana serta instrumentasi canggih yang ada di perguruan tinggi dan industri. Perguruan tinggi dan industri menjalin kerjasama secara berkesinambungan untuk memperkuat kedua belah pihak kedepannya. Mahasiswa penerima beasiswa PMDSU mempunyai pengalaman riset di industri sesuai kebutuhan teknologi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

Persyaratan Beasiswa PMDSU 2021

Berikut ini persyaratan yang anda butuhkan untuk mendaftarkan diri pada program ini, berikut ini persyaratan yang kami rangkum berdasarkan persyaratan penyelenggaraan sebelumnya. Silahkan anda persiapkan dari sekarang:

  1. Pendaftar program beasiswa PMDSU 2021 merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Calon pendaftar adalah merupakan lulusan pendidikan S1 maksimal tiga tahun terakhir
  3. Pendaftar harus melampirkan Surat Keterangan Kesehatan dan Surat Bebas Narkoba dari rumah sakit
  4. Anda memiliki IPK minimum 3.25 dari skala 4.00
  5. Melakukan pendaftaran online melalui pada porta pendaftaran
  6. Bersedia mengikuti tahapan seleksi program beasiswa

Komponen Beasiswa

Salah satu keuntungan yang anda peroleh jika anda mendapatkan program beasiswa ini adalah anda mendapatkan program doktoral tanpa harus menyelesaikan S2 terlebih dahulu, dan program beasiswa ini adalah beasiswa penuh. Berikut ini komponen beasiswa yang kami rangkum berdasarkan penyelenggaraan beasiswa PMDSU sebelumnya:

  1. Anda akan mendapatkan Pembiayaan biaya riset di kelompok peneliti atau promotor dengan maksimum anggaran Rp 60.000.000,00 per tahun
  2. Anda juga mendapatkan Penyediaan fasilitas untuk riset yang dilakukan baik didalam maupun luar negeri
  3. Penerima beasiswa PMDSU akan mendapatkan tunjangan biaya seminar disertasi
  4. Anda akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan (SPP/UKT) tentunya akan dibayarkan oleh beasiswa PMDSU langsung ke Universitas tujuan anda
  5. Anda juga akan mendapatkan tunjangan biaya hidup selama menempuh pendidikan
  6. Serta akomodasi lainnya guna menunjang pendidikan anda
Baca Juga  Beasiswa S2 UNPAD dan S3 UNPAD: Beasiswa Pascasarjana Penuh

Prosedur Pendaftaran Beasiswa Calon Doktor

Proses pendaftaran beasiswa PMDSU 2021 dilakukan secara online. Langkah awal yang harus anda tentukan adalah menentukan universitas mana yang akan menjadi tujuan anda melanjutkan program doktoral ini. Kemudian salahkan anda lihat calon promotor yang berasal dari kampus tujuan anda, silahkan ada cari calon promotor yang penelitiannya anda minati. Silahkan lakukan korespondesi dengan calon promotor anda, apakah beliau bersedia menjadi promotor anda.

Jika anda sudah menentukan pilihan, maka lakukan pendaftaran online pada portal yang disediakan. Berikut ini secara umum alur pendaftarannya:

  1. Silahkan anda melakukan pendaftaran online pada laman resmi Beasiswa PMDSU 2021 yaitu Buka laman resmi beasiswa PMDSU di http://beasiswadosen.kemdikbud.go.id/pmdsu/
  2. Pada saat akan mendaftar akan terlihat nama calon promotor yang bisa dipilih dan langsung diajukan sebagai pembimbing atau promotor. Silahkan anda perhatikan hasil riset, bidang riset dan keahlian calon promotor anda.
  3. Lihat profil calon promotor atau pembimbing beserta studi, kajian riset, dsb
  4. Sebelum melakukan pengisian formulir, pendaftar wajib melakukan komunikasi dengan calon promotor yang dipilih untuk menanyakan kesediaan promotor. Tentunya harus anda siapkan calon riset pada bidang yang dikuasi oleh calon promotor anda.
  5. Jika promotor bersedia maka pelamar dapat mendaftar ke program pascasarjana (PPs) pada kampus tujuan untuk melihat persyaratan masuk universitas yang bekerjasama dengan beasiswa PMDSU
  6. Selanjutnya melakukan pendaftaran online ke laman http://beasiswadosen.kemdikbud.go.id/pmdsu/
  7. Lengkapi formulir pendaftaran dan print out
  8. Biasanya calon universitas tujuan anda juga mengharuskan anda mendaftarkan diri anda secara online pada kampus tujuan anda. SIlahkan cari informasi ke Universitas Tujuan anda
  9. Menyerahkan berkas persyaratan serta print out form pendaftaran online kepada universitas yang dipilih tersebut
  10. Pendaftar beasiswa disarankan untuk melakukan pendaftaran online dan pendaftaran ke PPs secara bersamaan
  11. Pendaftar beasiswa diperkenankan hanya mengajukan usulan kepada satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan beasiswa PMDSU
  12. Setelah melewati proses seleksi dan apabila pengumuman PPs menyatakan telah diterima pada perguruan tinggi maka akan menandatangani kontrak dengan dikt
Baca Juga  Beasiswa LPDP 2023 2024 Tahap 2 di Buka

Dokumen Pendaftaran

Berikut ini dokumen persyaratan pendaftaran yang harus anda siapkan dari sekarang:

  1. Fotokopi ijazah dan transkrip (IPK) S1 yang telah dilegalisasi
  2. Fotokopi ijazah dan transkrip program spesialis (jika sudah menempuh program profesi atau interenship)
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Surat Keterangan sehat jasmani dan bebas narkoba yang dikeluarkan oleh Dokter/Rumah Sakit Pemerintah yang masih berlaku
  5. Surat Pernyataan sedang tidak menerima beasiswa dari sumber lainnya
  6. Surat Rekomendasi dari dosen pembimbing S1
  7. Surat pernyataan bermaterai, jika tidak dapat menyelesiakan studi sampai dengan lulus doktor karena kelalaian, maka bersedia menerima sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Kontak Resmi

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website resmi penyelenggara atau jika anda memiliki pertanyaan silahkan anda hubungi kontak yang tersedia:

Website : Kemendikbud
IG Dikti : @ditjen.dikti
Follow : @info_beasiswa._

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan terkait beasiswa PMDSU 2021 Batch VI. Perlu anda ketahui bahwa saat artikel ini di rilis, program ini sudah tahap pengusulan penyelenggara dan pengusulan promotor. Jadi anda bisa mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan dari sekarang. Silahkan bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda.

3.7/5 - (3 votes)

Satu pemikiran pada “Beasiswa PMDSU 2021 Bacth VI”

Tinggalkan komentar