Beasiswa Indonesia Bangkit: Beasiswa Non Gelar Kemenag

Hai hai haiiii sobat beasiswa, ada info beasiswa terbaru looh kali ini yang datangnya dari Kementrian Agama Republik Indonesia yaitu Beasiswa Indonesia Bangkit. Program beasiswa kali ini dipersembahkan oleh kemenag RI yang berkolaborasi dengan LPDP looh, Jika anda ingin mencari program beasiswa lainnya bisa anda baca Beasiswa LPDP Kemenag.

Beasiswa Indonesia Bangkit
Beasiswa Indonesia Bangkit

Sekilas Tentang Indonesia Bangkit

Penasaran kan sabat sekalian, agar tidak sampai kebawa mimpi simak nih penjelasan berikut. Seperti yang tadi disampaikan bahwa beasiswa Indonesia Bangkit merupakan program beasiswa kolaborasi antara LPDP dengan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Beasiswa ini memiliki tujuan untuk bisa memberikan manfaat kepada penerimanya dan juga relasi baik dalam bidang pendidikan, inovasi, maupun relasi. Yang kedepannya bisa mencetak generasi berdaya saing tinggi, pemimpin masa depan yang membawa perubahan, dan juga para profesionalitas yang tidak diragukan mutu dan kualitasnya.

Beasiswa Indonesia bangkit menawarkan dua program beasiswa yang sangat menarik nih ada program beasiswa gelar (Degree) ada juga yang beasiswa non gelar (Non-Degree)

Baca Juga  Beasiswa MSSP untuk Mahasiswa Diploma S1 dan S2

Namun dalam artikel ini akan berfokus pada beasiswa Non-Degree atau beasiswa non gelar

Beasiswa Non Gelar

Program beasiswa ini diperuntukkan untuk guru, dosen, tenaga pengajar, dan tenaga kependidikan baik madrasah maupun pondok pesantren  yang dibawah naungan kementrian agama. Dengan mendapatkan pelatihan peningkatan kualifikasi ataupun peningkatan kompetensi.

Ada dua format dalam kualifikasi beasiswa program non gelar ini, agar tidak penasaran simak lebih lanjut lagi sobat beasiswa.

Format Beasiswa Non-Gelar (Non-Degree)

Non-Degree dalam negeri

Yaitu program pelatihan peningkatan mutu dan kompetensi yang berada di dalam negeri, ada beberapa kualifikasi yang ditawarkan, diantaranya:

Program untuk mempersiapkan kualitas bahasa dan akademis.

Program ini dibuka untuk para dosen di lingkungan kementerian agama, dan juga guru serta tenaga pengajar di lingkup madrasah, yang tujuanya untuk meningkatkan kualitas profesi tersebut dalam bidang bahasa asing dan kemampuan akademis yang kedepannya agar bisa menunjang persiapan melanjutkan studinya S2 ataupun S3 di dalam negeri.

Program peningkatan kompetensi dosen muda

Program beasiswa yang dikhususkan untuk Dosen berstatus PNS, CPNS, ataupun tetap tapi bukan PNS yang berada di lingkungan perguruan tinggi keagaman islam baik negeri maupun swasta, yang tujuannya adalah untuk mencetak dosen-dosen yang berkualitas sehingga bisa mewujudkan tri dharma perguruan tinggi.

Baca Juga  Beasiswa Dicoding untuk Pendidikan di Buka

Program penguatan moderasi beragama

Khusus seseorang yang mengurusi rumah moderasi beragama di lingkungan kementerian agama, yang kedepannya bisa menciptakan kerukunan di lingkungan sosial dan juga di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Program untuk meningkatkan kompetensi digital bagi pendidik dan tenaga kependidikan.

Program yang khusus diberikan untuk profesi guru yang berada di lingkungan kementerian agama yang tuntutannya agar bisa menguasai kegiatan pekerjaan yang berbasis teknologi saat ini.

Pendidikan profesi guru jabatan

Program yang berfokus untuk mendorong percepatan sertifikasi seorang guru pendidikan agama islam yang bekerja dibawah naungan KEMENAG RI.

Sertifikasi dosen

Program yang memiliki tujuan untuk mencetak dosen agar bisa memiliki kreatifitas dan kualitas kinerja agar bisa mengaktualisasi three dharma perguruan tinggi keagaman islam, dan bisa memberikan tunjangan profesionalitas dosen pengajar di perguruan tinggi keagaman islam.

Non-Degree luar negeri

Yaitu program beasiswa yang dirancang untuk pelamar yang ingin melanjutkan dan menambah pengalaman pendidikan ke luar negeri, adapun format beasiswa ini antara lain:

Program persiapan studi lanjut

Merupakan program yang diperuntukkan bagi Dosen dan Tenaga kependidikan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang ingin melanjutkan S3 ke Luar Negeri dan Guru Madrasah serta Pesantren, ataupun Fresh Graduate S1 Alumni Perguruan Tinggi Keagamaan islam yang ingin melanjutkan studi S2 ke Luar Negeri.

Talent Scouting Program Beasiswa Luar Negeri

Program persiapan  lanjutan yang diperuntukkan bagi calon penerima beasiswa berupa pembekalan diri untuk meningkatkan kualitas akademik, dan non akademik termasuk didalamnya pelatihan penulisan rencana proposal riset, strategi berkomunikasi dengan supervisor kampus potensial luar negeri, dan lainnya.

Baca Juga  Beasiswa Mercedes-Benz: Training Academy Mercedes-Benz Distribution Indonesia (AMA 5)

Program Perbaikan Bahasa dan Akademik

Program yang diadakan untuk mensupport kemampuan bahasa dan kualitas akademik untuk kalangan Dosen dari Perguruan Tinggi Keagamaan islam, Guru Madrasah, Guru Madrasah Diniyah, Guru Pesantren, dan Pegawai Kementerian Agama.

Program penguatan kapasitas jejaring riset alumni beasiswa KEMENAG

Program yang dicetuskan untuk memperkuat kolaborasi dalam bidang riset antar alumni Awardee beasiswa KEMENAG yang berada di berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Nusantara. Program ini bertujuan untuk memberikan ruang penguatan dalam bidang riset antara alumni dan perguruan tinggi luar negeri, sehingga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam bisa berkolaborasi ataupun pengakuan dari perguruan tinggi internasional.

Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran program beasiswa ini dilaksanakan secara online. Berikut ini portal pendaftarannya : Portal Pendaftaran

Nah itu tadi informasi mengenai beasiswa Indonesia bangkit, semoga membantu sobat beasiswa dalam menggapai mimpi berkuliah dengan mencari informasi beasiswa.

5/5 - (45 votes)

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!