Beasiswa Erasmus Mundus 2024 Beasiswa Kuliah S2 di Eropa

Beasiswa Erasmus Mundus 2024 merupakan salah satu program Beasiswa Luar Negeri Fully Funded memberikan bantuan secara penuh kepada penerima program ini. Bukan hanya untuk anda yang ingin melanjutkan S2 di Eropa, bagi anda dosen yang ingin melakukan penelitian juga diperkenankan untuk mencoba program beasiswa ini.

Beasiswa Erasmus Mundus
Beasiswa Erasmus Mundus

Tentang Beasiswa Erasmus Mundus 2024

Program beasiswa Erasmus atau dikenal dengan Erasmus Plus merupakan program yang didanai oleh Uni Eropa (UE) secara khusus diberikan kedalam bidang pendidikan, pelatihan, pemuda dan olahraga.

Program ini dikhususkan untuk anda yang ingin melanjutkan kuliah S2 dan penelitian yang berasal dan Warga Negara Non Eropa. Indonesia termasuk didalamnya. Banyak sekali setiap tahun mahasiswa Indonesia yang mendapatkan program beasiswa ini.

Kategori Program Beasiswa Erasmus Mundus 2024

Program beasiswa ini memberikan dua jenis program beasiswa yang bisa anda dapatkan. Berikut ini jenis program beasiswa ini

Program Erasmus Mundus Joint Masters (EMJM)

Program Erasmus Mundus Joint Masters (EMJM) merupakan program magister (S2) yang diselenggarakan oleh sebuah konsorsium universitas dari berbagai negara yang menghasilkan gelar kesarjanaan bersama ataupun ganda.

Program Scholar (Dosen)

Program ini diberikan untuk akademisi atau dosen yang ingin melakukan penelitian dan kegiatan ilmiah di lembaga-lembaga yang turut serta dalam EMJM untuk kurun waktu maksimal tiga bulan.

Komponen Beasiswa Erasmus 2024

Banyak sekali hal yang menarik dari program beasiswa ini salah satunya adalah benefit yang akan anda dapatkan. Penerima program beasiswa ini mendapatkan banyak sekali komponen yang bisa diraih. Berikut ini adalah komponen Beasiswa yang bisa di dapatkan

  1. Penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan biaya kuliah dan
  2. Penerima program juga mendapatkan uang pangkal (termasuk asuransi),
  3. Penerima program juga akan mendapatkan bantuan biaya perjalanan,
  4. Anda juga mendapatkan akomodasi selama melakukan kuliah dan
  5. Penerima program akan mendapatkan tunjangan bulanan.
Baca Juga  Beasiswa Kewirausahaan 2024 LPDP untuk Kuliah S2 di Luar Negeri

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Erasmus Mundus

Jika anda berminat untuk mencoba program beasiswa Erasmus Mundus berikut ini persyaratan pendaftaran Beasiswa Erasmus sesuai dengan ketegori program beasiswa

Beasiswa Master

  • Pelamar adalah calon mahasiswa berwarga negara dari negara negara di luar Uni Eropa
  • Pelamar belum pernah melakukan kegiatan seperti kuliah, bekerja di Negara Anggota Uni Eropa manapun selama lebih dari 12 bulan dalam 5 tahun terakhir
  • Pelamar telah menyelesaikan pendidikan tingkat kesarjanaan yang relevan sebelum batas waktu pendaftaran program EMJM

Beasiswa Dosen

  • Pelamar merupakan Dosen yang berasal dari perguruan tinggi di negara non-Uni Eropa
  • Pelamar adalah dosen yang Tidak terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa
  • Pelamar merupakan Dosen yang terdaftar di salah satu perguruan tinggi di Eropa yang merupakan mitra dari program kerja sama tersebut
  • Anda memiliki pengalaman akademik dan/atau profesional yang berprestasi
Pendaftaran Beasiswa Erasmus Indonesia
Pendaftaran Beasiswa Erasmus Indonesia

Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran pada program beasiswa ini dilakukan secara online melalui Konsorsium yang menawarkan program EMJM yang diminati.

Silahkan anda kunjungi katalog untuk daftar Konsorsiumnya disini

Berikut ini tahapan pendaftaran yang harus anda lakukan:

  • SIlahkan anda lihat program S2 yang menawarkan Beasiswa Erasmus+ untuk tahun akademis berikutnya: bit.ly/ErasmusCatalogue
  • Silahkan anda pilih program studi yang diminati dan klik websitenya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut
Baca Juga  Beasiswa S2 Universitas Airlangga (UNAIR): Beasiswa Pascasarjana Penuh

Pendaftaran dilakukan melalui form berikut Form Pendaftaran

Pertanyaan Umum Beasiswa Erasmus

Berikut ini adalah pernyataan umum terkait program beasiswa erasmus

Q: Apa itu Beasiswa Erasmus Mundus?
A: Beasiswa Erasmus Mundus, sekarang dikenal sebagai program Erasmus+, adalah inisiatif Uni Eropa yang menyediakan dukungan keuangan bagi pelajar internasional dari berbagai belahan dunia untuk mengejar pendidikan, pengalaman kerja, dan penelitian di institusi-institusi pendidikan di negara-negara Uni Eropa.

Q: Apa saja jenis-jenis program Beasiswa Erasmus+ yang tersedia untuk pelajar internasional?
A: Ada dua jenis program utama yang tersedia:

  1. Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD): Program ini memungkinkan pelajar untuk mengejar gelar master di berbagai universitas Eropa yang berbeda dan memperoleh joint degree dari beberapa institusi.
  2. Erasmus Mundus Partnership Programme: Program ini mendukung mobilitas pelajar dari jenjang sarjana hingga post-doktoral di berbagai universitas Eropa.

Q: Apakah pelajar dari Indonesia dapat mengikuti Beasiswa Erasmus Mundus?
A: Ya, pelajar dari Indonesia dan regional ASEAN lainnya dapat mengikuti beberapa program beasiswa Erasmus Mundus yang disediakan, seperti EMJMD dan beberapa program lainnya yang tercantum dalam katalog.

Q: Apa yang dicakup oleh Beasiswa Erasmus+?
A: Beasiswa ini mencakup berbagai biaya seperti biaya kuliah, biaya perjalanan, akomodasi, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan tunjangan bulanan selama periode studi.

Q: Apa persyaratan umum untuk mendaftar ke program Erasmus Mundus?
A: Persyaratan umum meliputi memiliki gelar sarjana sebelumnya, tidak pernah menerima beasiswa serupa sebelumnya, dan memenuhi persyaratan program studi yang dipilih. Persyaratan tambahan dapat berbeda tergantung pada program yang diikuti.

Baca Juga  Beasiswa ANSO Scholarship 2024 untuk Kuliah S2 S3 di China

Q: Bagaimana cara mendaftar ke program Beasiswa Erasmus+?
A: Untuk mendaftar, calon pelajar harus memilih universitas di Eropa yang diminati, memeriksa persyaratan yang ditetapkan oleh universitas tersebut, dan kemudian melakukan pendaftaran ke universitas yang dipilih sesuai prosedur yang berlaku. Perhatikan bahwa setiap universitas dapat memiliki persyaratan dan tenggat waktu pendaftaran yang berbeda-beda.

Q: Berapa besar nilai beasiswa yang diberikan oleh program Erasmus Mundus?
A: Nilai beasiswa rata-rata untuk program EMJMD dengan durasi satu tahun adalah sekitar €24,000. Besaran nilai beasiswa dapat berbeda tergantung pada durasi studi dan negara asal pelajar.

Q: Apakah terdapat batasan usia untuk mengikuti program Beasiswa Erasmus+?
A: Tidak, program ini tidak memiliki batasan usia sehingga siapapun yang memenuhi kriteria tertentu berhak mendaftar.

Q: Apa manfaat unik yang ditawarkan oleh program Erasmus Mundus Joint Master Degree?
A: Program ini memberikan kesempatan langka bagi mahasiswa untuk belajar di beberapa universitas di Eropa, mendapatkan pengalaman multi-kultural yang kaya, dan meraih joint degree atau multiple degree dari universitas tergabung dalam konsorsium EMJMD.

Kontak Resmi

Apabila anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan anda kunjungi website resmi penyelenggara. Jika anda memiliki pertanyaan seputar program beasiswa ini silahkan anda hubungi ke penyelenggara atau ke alumni program beasiswa ini.

Website : https://ec.europa.eu/erasmus-plus

Email : delegation-indonesia-erasmus-mundus@eeas.europa.eu

Alumni : tanyatanyaem@gmail.com

Demikianlah informasi lengkap terkait Beasiswa Erasmus yang bisa anda coba untuk melanjutkan kuliah S2 di Eropa dengan beasiswa penuh. Silahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda yang membutuhkan.

5/5 - (52 votes)

Tinggalkan komentar