Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 2024 yang Bisa Anda Coba

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 2024 yang bisa anda coba. Namun sebelumnya pastik kita sepakat bahwa Bagi sobat yang baru lulus Sekolah Menengah akan merasa asing dengan dunia perkuliahan, hal tersebut yang kadang membuat sobat asal dalam memilih perkuliahan, intinya yang penting kuliah  entah salah jurusan atau salah mengambil program itu urusan belakang.

Dari permasalahan tersebut banyak diantara sobat yang salah dalam memilih jurusan yang malahan lebih rendah seperti D3, padahal impian dan harapannya ingin menjadi seorang sarjana, sehingga banyak diantara sobat beasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang Sarjana atau S1.

Beasiswa Ekstensi D3 ke S1
Beasiswa Ekstensi D3 ke S1

Dari kasus tersebut muncullah program yang namanya program ekstensi, yaitu program lanjutan yang diperuntukkan mahasiswa lulusan D3 dengan gelar Ahli Madya (M.Ad). menuju gelar sarjana (S1). Nah kasus tersebut biasanya buat sahabat akan merasa ogah-ogahan lantaran sudah kuliah selama 3 tahun yang capeknya minta ampun harus kuliah lagi untuk bisa menyandang gelar sarjana, dan biayanya pun akan semakin mahal. Oleh sebab itu ada beberapa perguruan tinggi ataupun pihak swasta yang bekerjasama dengan kampus untuk memberikan beasiswa ekstensi dari D3 ke S1. Ingin Tahu lebih jelasnya, simak artikel ini

Bagi Anda yang telah menyelesaikan pendidikan diploma tiga (D3) dan bercita-cita melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana (S1), Anda mungkin berpikir tentang bagaimana cara membiayai kuliah S1. Kami punya kabar baik untuk Anda beasiswa ekstensi D3 ke S1 adalah jawaban yang mungkin untuk impian pendidikan Anda. Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 mungkin tidak sebanyak beasiswa program sarjana hanya ada segelintir kampus yang memberikannya diantaranya.

Bagaimana Mendapatkan Beasiswa Ekstensi D3 ke S1?

Mendapatkan beasiswa ekstensi D3 ke S1 memerlukan beberapa langkah, tetapi jangan khawatir, karena kami akan membahasnya dengan langkah-langkah yang mudah dipahami.

1. Mencari Informasi Terbaru

Langkah pertama adalah mencari informasi tentang beasiswa yang tersedia. Anda dapat melakukan ini dengan Mengunjungi situs web universitas dan lembaga-lembaga pendidikan terkait, Bertanya kepada staf akademik di universitas Anda serta Mencari di internet dan media sosial untuk informasi terkini.

Cara Mendapatkan Beasiswa Ekstensi D3 ke S1
Cara Mendapatkan Beasiswa Ekstensi D3 ke S1

Jika anda ingin mendapatkan informasi terbaru dan terupdate, anda bisa join pada group beasiswa yang kami miliki. Setiap ada informasi terkait program beasiswa akan kami share di group yang kami miliki. SIlahkan anda join pada link berikut ini Join Group Beasiswa.

Baca Juga  Beasiswa Kuliah Di Jepang Untuk S1 S2 Dan S3

2. Penuhi Persyaratan

Setiap beasiswa memiliki persyaratan khusus. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh pemberi beasiswa. Persyaratan ini mungkin meliputi:

3. Siapkan Dokumen

Ketika Anda telah menemukan beasiswa yang sesuai, siapkan dokumen yang diperlukan. Ini mungkin termasuk transkrip nilai, surat rekomendasi, essay, dan dokumen pribadi.

4. Pendaftaran

Ajukan aplikasi beasiswa sesuai dengan panduan yang diberikan. Pastikan untuk mengirimkan semua dokumen yang diperlukan dan mengisi formulir aplikasi dengan teliti.

5. Ikuti Waktu Pendaftaran

Pastikan Anda mengikuti waktu pendaftaran yang ditetapkan oleh pemberi beasiswa. Terlambat mengirimkan aplikasi bisa membuat Anda kehilangan kesempatan. Ingat dan catat deadline setiap program beasiswa yang dibuka pendaftarannya.

6. Tunggu Keputusan

Setelah mengirimkan aplikasi, Anda harus menunggu keputusan dari pemberi beasiswa. Ini bisa memakan waktu, jadi bersabarlah.

7. Siapkan Diri untuk Interview

Beberapa beasiswa mungkin mengharuskan Anda untuk mengikuti wawancara. Persiapkan diri dengan baik dan berlatih menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan.

8. Terima Beasiswa

Jika Anda diterima, selamat! Pastikan Anda mengikuti semua prosedur yang diberikan oleh pemberi beasiswa untuk menerima dukungan keuangan.

Beasiswa Ekstensi D3 ke S1 Institut Pertanian Bogor (IPB)

Kampus yang berlokasi di bogor yang terkenal dengan nama IPB  (Institut Pertanian Bogor) menyediakan program beasiswa ekstensi D3 ke S1. IPB memberikan peluang bagi sobat beasiswa yang ingin menimba ilmu ke taraf lebih tinggi dari gelar sebelumnya yaitu Ahli Madya (M.Ad) menuju gelar Sarjana, adapun jurusan yang memberikan program beasiswa ekstensi yaitu S1 Ilmu Komputer, Ilmu Manajemen, dan Agribisnis.

Banyak sekali program beasiswa di IPB salah satu yang terkenal adalah beasiswa BUD

Universitas Airlangga (UNAIR)

Kampus berikutnya yang memberikan Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 yaitu UNAIR, Universitas Airlangga merupakan kampus yang terletak di kota pahlawan Surabaya. Di UNAIR ada sebagian program studi yang bisa dijadikan pilihan sobat beasiswa, diantaranya S1 Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Bidan, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Pers, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, dan yang terakhir Sastra Inggris.

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan anda kunjungi tautan berikut ini Beasiswa Unair

UNESA (Universitas Negeri Surabaya)

Selain UNAIR, Universitas Negeri Surabaya juga tak mau kalah dalam memberikan beasiswa ekstensi kepada penyandang gelar M.Ad. program studi  alih jenjang D3 ke S1 dengan tawaran jurusan Teknik Sipil dan Pendidikan, serta Teknik Bangunan.

Baca Juga  Beasiswa KIP UNISA Yogyakarta 2024-2025

Salah satu yang bisa anda coba mahasiswa Unesa adalah Beasiswa Pemuda Tangguh

ITS (Institut Teknologi Sepuluh November)

Tidak ingin kalah dengan perguruan tinggi lain yang berada di Surabaya, ITS juga ikut andil mempersembahkan program beasiswa lintas jalur yang terdiri dari S1 Statistika, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Sipil, Teknik Sistem Perkapalan, dan Teknik Elektro.

Jika anda ingin mendapatkan informasi terkait ITS silahkan kunjungi Beasiswa ITS

Universitas Indonesia

Perguruan Nomor Wahid di Negeri ini juga menghadirkan beasiswa ekstensi D3 ke S1 tidak lain dan tidak bukan adalah UI, Universitas Indonesia sudah menyediakan kurang lebih 4 jurusan program ekstensi yang meliputi S1 Manajemen, Akuntansi, Kesehatan Masyarakat, dan Ilmu Keperawatan.

Universita Diponegoro (UNDIP)

Universitas nomor enam yang membuka program ekstensi adalah Universitas Diponegoro. UNDIP  menyediakan program ekstensi dari D3 ke S1 dengan pilihan jurusan program studinya seperti Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur. Kabar buruknya mahasiswa yang bisa mengikuti program ekstensi ini haruslah lulusan Universitas Diponegoro, maknanya sobat beasiswa tidak bisa bergabung dengan Universitas Diponegoro untuk meng upgrade gelar yang dimiliki menjadi sarjanah jika berasal dari lulusan kampus lain.

SIlahkan anda baca tautan berikut untuk informasi lebih lanjut Beasiswa UNDIP

Politeknik Negeri Malang

Program alih jenjang yang ditawarkan oleh Politeknik Negeri Malang sangat berbeda dengan kampus lainnya, mulai dari segi penamaan sudah berbeda, di Poltek Malang bernama RPL atau Rekognisi Pembelajaran Lampau, keunikan selanjutnya program studi yang disediakan hanya ada satu yaitu jurusan Manajemen Rekayasa Konstruksi saja. Keunikan selanjutnya di POLTEK Malang sobat beasiswa bisa mengekstensi sari program D2 untuk bisa melanjutkan studinya ke D4.

Universitas Negeri Jakarta

Universitas satu ini terletak di ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia, dimana dalam memberikan program Beasiswa ekstensi D3 ke S1 Universitas Negeri jakarta membuka jurusan S1 Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan Busana, Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Tata Rias, dan Pendidikan Teknik Mesin.

Mungkin itu tadi beberapa Universitas Negeri yang membuka program Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 beasiswanya untuk lulusan D3, semoga sobat beasiswa yang bergelar M. Ad. Bisa sedikit terbantu dengan adanya artikel ini.

FAQ Beasiswa Ekstensi D3 ke S1

Berikut ini adalah faq atau pertanyaan umum terkait Beasiswa Ekstensi D3 ke S1 yang biasanya diajukan oleh pelamar program beasiswa ini:

1. Apa itu program ekstensi dari D3 ke S1? Program ekstensi merupakan program lanjutan dari jenjang D3 ke S1 yang memberikan kesempatan bagi lulusan D3 untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat sarjana.

Baca Juga  Daftar Beasiswa Deadline Maret 2022

2. Apa perbedaan antara jenjang D3, D4, dan S1? Jenjang D3 biasanya berlangsung selama 3 tahun dengan gelar Ahli Madya (A.Md), sedangkan D4 dan S1 berlangsung selama 4 tahun dengan gelar Sarjana.

3. Apakah semua universitas di Indonesia menyediakan program ekstensi D3 ke S1? Tidak, tidak semua universitas menyelenggarakan program ekstensi. Namun, beberapa universitas terkemuka seperti IPB, UI, UNAIR, dan lainnya menyediakan program ini.

4. Apa saja universitas yang menawarkan program ekstensi D3 ke S1? Beberapa universitas yang menawarkan program ekstensi antara lain Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta, dan lainnya.

5. Apa saja jurusan yang tersedia dalam program ekstensi ini? Jurusan yang tersedia bervariasi dari satu universitas ke universitas lainnya, namun beberapa jurusan umumnya mencakup Manajemen, Akuntansi, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Ilmu Kesehatan, dan lainnya.

6. Apakah terdapat beasiswa untuk program ekstensi D3 ke S1? Beberapa universitas menawarkan beasiswa untuk program ekstensi ini. Misalnya, beberapa universitas memberikan beasiswa seperti beasiswa BRI, beasiswa dari pihak universitas, atau beasiswa lainnya yang dapat dipertimbangkan oleh calon mahasiswa.

7. Bagaimana cara mendaftar untuk program ekstensi ini? Calon mahasiswa biasanya perlu mengakses situs resmi universitas terkait untuk informasi pendaftaran. Persyaratan umumnya mencakup formulir aplikasi, transkrip nilai, surat rekomendasi, tes masuk (jika diperlukan), dan dokumen pribadi lainnya.

8. Apakah ada batasan umur atau tahun lulus pendidikan sebelumnya untuk mengikuti program ini? Beberapa universitas tidak memiliki batasan umur atau tahun lulus pendidikan sebelumnya. Namun, persyaratan dapat bervariasi antara satu universitas dengan yang lainnya.

9. Apakah program ekstensi ini juga tersedia untuk kelas karyawan? Ya, beberapa universitas menyediakan program ekstensi ini dengan jadwal kuliah fleksibel bagi mahasiswa karyawan yang bekerja tetapi ingin melanjutkan pendidikan.

10. Bagaimana untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang program ekstensi D3 ke S1? Kamu bisa mengakses situs resmi universitas yang menawarkan program ini atau menghubungi bagian penerimaan mahasiswa untuk informasi lebih lanjut tentang persyaratan, proses pendaftaran, dan opsi beasiswa yang tersedia.

Silahkan anda bagikan informasi Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 kepada sahabat dan keluarga anda yang membutuhkan. Beasiswa ekstensi D3 ke S1 adalah kesempatan yang sangat berharga bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Dengan sedikit usaha dan perencanaan, Anda bisa mendapatkan dukungan keuangan untuk mewujudkan impian Anda. Ingatlah untuk selalu mencari informasi, memenuhi persyaratan, dan mengikuti panduan aplikasi dengan teliti. Dengan semangat dan tekad, Anda bisa meraih gelar S1 tanpa beban keuangan yang berlebihan.

5/5 - (76 votes)

2 pemikiran pada “Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 2024 yang Bisa Anda Coba”

Tinggalkan komentar