Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis LPDP 2023 2024

Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis LPDP 2023 2024 dibuka bagi anda yang ingin melanjutkan pada jenjang profesi dokter spesialis. Program ini di luncurkan dan dikenal dengan Beasiswa LPDP.

Jika anda ingin mencari program Beasiswa Kedokteran silahkan anda persiapkan persyaratan yang dibutuhkan dan baca di sini

Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis
Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis

Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis LPDP

Program beasiswa ini merupakan salah satu program dibawah Kementerian Keuangan. Tentu kita semua mengetahuinya bahwa akan ada banyak benefit yang akan kita dapatkan terkait program beasiswa ini.

Perlu sahabat ketahui bahwa program ini diluncurkan guna mendukung tersedianya sumber daya manusia Dokter Spesialis, Dokter Gigi Spesialis, dan Dokter Subspesialis dalam rangka pemenuhan dan pemerataan pelayanan spesialistik di Indonesia.

Berikut ini daftar dokter spesialis yang dibutuhkan dan dapat anda coba yaitu spesialis jantung, stroke, urologi, dan kanker, spesialis gigi dan spesialis lainnya. Program Dokter Subspesialis mencakup subspesialis jantung, urologi-nefrologi, kanker, dan subspesialis lainnya.

Komponen Beasiswa

Sudah saya sampaikan di atas bahwa banyak sekali benefit dan keuntungan jika anda dinyatakan diterima pada program beasiswa ini. Berikut ini adalah komponen beasiswa yang bisa anda peroleh dan nikmati selama pendidikan

Dana Pendidikan

Penerima program beasiswa akan mendapatkan bantuan dana pendidikan. Dana pendidikan ini meliputi Dana Pendaftaran, tentunya Dana SPP (Tuition Fee/Uang Kuliah Tunggal), Dana Tunjangan Buku, Dana Bantuan Penelitian Tesis/Disertasi, Dana Bantuan Seminar Internasional/Konferensi Internasional serta Dana Bantuan publikasi Jurnal Internasional.

Baca Juga  Beasiswa G20 untuk S2 dan S3 di Australia

Bisa anda bayangkan untuk dana pendidikan saja banyak komponen yang bisa anda dapatkan

Dana Pendukung

Selain dana pendidikan yang menjadi point utama program ini, anda juga akan mendapatkan bantuan dana untuk mendukung dalam proses kuliah anda. Berikut ini dana pendukung yang bisa anda dapatkan Dana Transportasi, Dana Asuransi Kesehatan, Dana Hidup Bulanan, Dana Kedatangan, Dana Keadaaan Darurat dan Dana Tunjangan Keluarga.

Dana Tambahan

Selain dua komponen di atas, penerima program Beasiswa Spesialis dan Beasiswa supspesialis ini, anda juga mendapatkan bantuan dana tambahan. Berikut ini komponen yang bisa anda peroleh Dana Pelatihan Kursus Wajib, Dana Ujian Keterampilan, Dana Uji Kompetensi, Dana transportasi dan akomodasi selama Pelatihan Kursus Wajib, Dana transportasi dan akomodasi selama Ujian Keterampilan, dan Dana transportasi dan akomodasi selama Uji Kompetensi.

Persyaratan Pendaftaran

Berdasarkan informasi resmi yang sudah dimuat dalam laman resmi Beasiswa LPDP, berikut ini merupakan persyaratan pendaftaran yang anda butuhkan jika anda berminat untuk mencoba program beasiswa ini.

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Berprofesi aktif sebagai Dokter PNS atau Dokter Non-PNS;
  3. Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) Dokter Umum untuk pendaftar Dokter Spesialis atau STR Dokter Spesialis untuk pendaftar Dokter Subspesialis yang diterbitkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) yang masih berlaku;
  4. Bagi Dokter yang berstatus sebagai PNS/TNI/POLRI wajib mengunggah surat usulan mengikuti beasiswa sekurang-kurangnya:
    • Pejabat Eselon II yang membidangi pembinaan/pengembangan SDM pada Kementerian/Lembaga atau Pemerintah Daerah bagi pendaftar yang berstatus PNS;
    • Pejabat yang membidangi SDM pada Mabes TNI/TNI AD/TNI AL/TNI AU bagi pendaftar yang berstatus anggota TNI, atau
    • Pejabat yang membidangi SDM pada Mabes POLRI bagi pendaftar yang berstatus anggota POLRI.
  5. Mengunggah surat rekomendasi dari Pimpinan (Direktur) rumah sakit dengan ketentuan:
    • Pimpinan rumah sakit tempat tujuan pendayagunaan setelah lulus studi adalah tempat bekerja saat ini; atau
    • Pimpinan rumah sakit tempat tujuan pendayagunaan setelah lulus studi bagi yang tidak bekerja di rumah sakit.
  6. Bagi pendaftar lulusan Perguruan Tinggi luar negeri, melampirkan dokumen penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, di sini atau tangkapan layar proses pengajuan penyetaraan ijazah dan konversi IPK bagi yang belum selesai proses penyetaraan ijazahnya;
  7. Pendaftar yang telah menyelesaikan atau sedang menempuh studi (on going) pendidikan dokter spesialis tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa dokter spesialis.
  8. Pendaftar yang telah menyelesaikan atau sedang menempuh studi (on going) pendidikan dokter subspesialis tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa dokter subspesialis.
  9. Pendaftar yang telah selesai menempuh program magister dan/atau doktor dapat mendaftar pada program beasiswa dokter spesialis atau dokter subspesialis.
  10. Pendaftar yang sedang studi (on going) program magister dan/atau doktor tidak dapat mendaftar pada program beasiswa dokter spesialis atau dokter subspesialis.
  11. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.
  12. Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran dengan format pernyataan (poin-poin terlampir);
  13. Melengkapi data diri pada formulir pendaftaran online;
  14. Menulis rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia sesuai bidang spesialisasi pasca studi;
  15. Menulis riwayat dan tautan publikasi ilmiah akan menjadi nilai tambah anda
Baca Juga  Beasiswa UIN Suska Riau untuk S1 S2 dan S3 Beasiswa Penuh

Prosedur Pendaftaran

Jika anda ingin mencoba program beasiswa Spesialis ini maka silahkan anda persiapkan persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan.

Pendaftaran program beasiswa ini dilakukan secara online pada portal yang sudah disiapkan. Silahkan lakukan pendaftaran pada tautan berikut ini: Portal Pendaftaran

Prosedur Pendaftaran Beasiswa Dokter Spesialis
Prosedur Pendaftaran Beasiswa Dokter Spesialis

Timeline Pendaftaran

Berikut ini timeline dan deadline pendaftaran program beasiswa ini

  1. Pendaftaran: 28 November – 29 Desember 2022
  2. Seleksi administrasi: 3 – 8 Januari 2023
  3. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 10 Januari 2023
  4. Seleksi bakat skolastik: 18 – 20 Januari 2023
  5. Pengumuman hasil bakat skolastik: 25 Januari 2023
  6. Seleksi substansi: 30 Januari – 10 Februari 2023
  7. Pengumuman hasil seleksi substansi: 16 Februari 2023
  8. Mulai perkuliahan: Maret 2023

Kontak Resmi

Apabila anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan anda kunjungi website resmi penyelenggara. Bila anda memiliki pertanyaan seputar program beasiswa ini maka silahkan anda hubungi kontak yang tersedia

Baca Juga  Beasiswa Pelaku Budaya: Kuliah S2 dan S3 Dalam dan Luar Negeri

Website https://lpdp.kemenkeu.go.id/

Demikianlah informasi Beasiswa Spesialis dan Beasiswa Supspesialis yang bisa anda coba. SIlahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda yang membutuhkan.

5/5 - (106 votes)

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!