Beasiswa Brunei Darussalam untuk Diploma, S1 dan S2

Daftarbeasiswa.com|Untuk anda yang ingin melanjutkan kuliah di Brunei Darussalam maka anda bisa mencoba melalui program beasiswa Brunei Darussalam yang setiap tahunnya dibuka untuk pelajar dan mahasiswa Indonesia. Program beasiswa ini merupakan salah satu dari beasiswa luar negeri yang memberikan beasiswa penuh bagi penerima program beasiswanya.

Beasiswa Brunei Darussalam
Beasiswa Brunei Darussalam

Tentang Beasiswa Brunei Darussalam

Program beasiswa diploma, S1 dan S2 ini diberikan oleh pemerintah Brunei Darussalam untuk masyarakat Internasional. Program ini biasanya dikenal dengan BRUNEI DARUSSALAM GOVERNMENT SCHOLARSHIP (BDGS). Setiap penerima program ini akan mendapatkan beasiswa penuh dan memiliki bantuan beasiswa biaya hidup, tunjangan buku dan akomodasi lainnya yang bisa menunjang perkuliahan anda selama di Brunei Darussalam.

Komponen Beasiswa

Berikut ini komponen beasiswa yang bisa anda dapatkan jika anda diterima program ini:

  1. Penerima program beasiswa akan mendapatkan bantuan biaya perkuliahan hingga selesai masa kuliah (termasuk biaya pendaftaran, ujian, orientasi, dan sebagainya).
  2. Anda juga akan mendapatkan bantuan biaya tiket pesawat kelas Ekonomi Indonesia – Brunei Darussalam pulang-pergi (PP) pada awal dan akhir masa perkuliahan.
  3. Tunjangan yang akan diberikan setiap bulan senilai BND$500.00 (± Rp 5,2 juta).
  4. Biaya hidup bulanan untuk uang makan senilai BND$150.00 (± Rp 1,5juta)
  5. Bantuan biaya buku senilai BND$600.00 (± Rp 6,3juta) per tahun.
  6. Anda juga akan mendapatkan akomodasi/tempat tinggal di asrama kampus.
  7. Tunjangan bagasi bagi penerima beasiswa yang telah menyelesaikan masa perkuliahan, maksimum senilai BND$250.00 (± Rp 2,6juta) untuk negara di wilayah ASEAN.
  8. Asuransi komprehensif selama masa beasiswa.
Baca Juga  Beasiswa S1 American University Full 2021

Bagaimana, anda tidak berminat untuk mencoba program beasiswa ini?

Daftar Pilihan Universitas Program Beasiswa

Jika anda berminat mencoba program beasiswa ini, terdapat beberapa kampus tujuan yang bisa menjadi pilihan anda melanjutkan kuliah:

Universiti Brunei Darussalam (UBD)

Sebagai salah satu universitas negeri terbesar di Brunei Darussalam, kampus ini memiliki fasilitas dan program studi yang beragam bisa anda jadikan sebagai kampus tujuan anda. Untuk mengetahui program studi yang ditawarkan dan persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri di kampus ini, silahkan anda baca disini.

Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA)

Unissa adalah universitas yang berdiri sejak 2007. Kampus ini lebih berfokus pada studi Islam, pengantar perkuliahan yang dilakukan pada kampus ini adalah bahasa Arab. Kampus ini sangat cocok bagi anda yang memiliki latar belakang atau yang ingin mendalami studi Islam. Untuk mengetahui program studi apa saja yang ditawarkan, silahkan anda baca disini.

Universiti Teknologi Brunei (UTB)

UTB adalah universitas yang basiknya adalah teknik dan teknologi . Anda yang berminat pada jurusan Teknik (Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Listrik, Teknik Mesin, Perminyakan dan Teknik Kimia), Bisnis (Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen) serta Komputer bisa mencoba kampus ini. Silahkan anda baca program studi yang di tawarkan dikampus ini. Baca disini

Politeknik Brunei

Untuk mengetahui program apa saja yang ditawarkan oleh politeknik Brunei, bisa anda baca disini. 

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa

Berikut ini adalah persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti program beasiswa Brunei Darussalam:

  1. Pelamar merupakan warganegara anggota ASEAN (termasuk Indonesia) atau Commonwealth atau OIC.
  2. Pelamar sudah mendapatkan endorse (nominasi) bisa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta/ Dinas Pendidikan di wilayah Kota/ Kabupaten tempat tinggal asal. Menggunakan Format Nominasi yang terdapat pada Formulir Pendaftaran halaman 13-14.
  3. Pelamar dinyatakan dalam kondisi yang sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari Rumah Sakit
  4. Terdapat batasan usia pendaftaran,  pelamar program Diploma dan S1 adalah usia antara 18 s/d 25 tahun, dan bagi pelamar program S2 berusia maksimal 35 tahun per tanggal 31 Juli 2021.
  5. Beasiswa ini tidak berlaku bagi penduduk tetap Brunei Darussalam.
  6. Penerima beasiswa tidak diperbolehkan mendapatkan beasiswa, fellowship, grant, atau pinjaman dari pihak lain tanpa persetujuan dari Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam.
  7. Penerima beasiswa sebaiknya tidak membawa anggota keluarga selama masa penerimaan beasiswa. Tidak disediakan tunjangan bagi pasangan atau anak bagi keluarga yang ikut menemani.
  8. Penerima beasiswa tidak diizinkan untuk melakukan pekerjaan yang dibayar atau bekerja pada perwakilan negara manapun di Brunei Darussalam selama masa penerimaan beasiswa.
  9. Setelah menyelesaikan perkuliahan, diharapkan penerima beasiswa dapat segera kembali ke negara asal.
  10. Pelamar memenuhi persyaratan selengkapnya dari universitas dan program studi yang dituju.
  11. Pelamar harus kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris dari lembaga resmi.
Baca Juga  Beasiswa Islamic Development Bank (IsDB): Kuliah S1 S2 dan S3

Dokumen Pendaftaran

  1. Formulir Pendaftaran Beasiswa Brunei Darussalam (BDGS) (Unduh disini)
  2. Pasfoto ukuran paspor (4 cm x 6 cm) terbaru diletakkan pada Formulir Pendaftaran halaman awal pojok kanan atas.
  3. Salinan resmi Ijazah/Surat Keterangan Lulus Sementara dan transkrip nilai yang telah dilegalisir (lampirkan scan dokumen asli dan terjemahannya dalam bahasa Inggris).
  4. Statement of Purpose (lihat di Formulir Pendaftaran).
  5. Salinan resmi Akte Kelahiran dan paspor yang telah dilegalisir. Apabila belum mempunyai paspor bisa menggunakan KTP. Paspor tidak perlu diterjemahkan. Akte Kelahiran juga tidak perlu diterjemahkan jika sudah tercantum bahasa Inggrisnya.
  6. Salinan sertifikat Tes Bahasa Asing/Inggris (TOEFL/TOAFL/IELTS/dll) tergantung persyaratan dari program studi yang dituju. Skor minimal TOEFL 550 / IELTS 6.0.
  7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  8. Surat Nominasi (endorse) dari pemerintah, bisa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta/ Dinas Pendidikan di wilayah Kota/ Kabupaten tempat tinggal asal. Menggunakan Format Nominasi yang terdapat pada Formulir Pendaftaran halaman 13-14.
  9. Sertifikat bahasa/prestasi/organisasi/penghargaan yang berkaitan dengan fakultas/program studi yang dituju. Apabila menggunakan bahasa Indonesia bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris

Prosedur Pendaftaran

Prosedur pendaftaran pada program beasiswa Brunei Darussalam ini dilakukan dengan mengirimkan berkas pendaftaran melalui email ke penyelenggar beasiswa. Anda harus melengkapi seluruh persyaratan dan berkas dokumen di atas (termasuk persyaratan dari pihak universitas/politeknik yang dituju).

Seluruh berkas pendaftaran di-scan dengan format Word / PDF / JPG (compressed ( .zip )folder). Pastikan memiliki kualitas yang terbaik sehingga berkas anda masih bisa terbaca oleh penyelenggara. Kirimkan ke email: applyBDGS2021@mfa.gov.bn. Perlu anda ingat bahwa ketentuan dari penyelenggaran Ukuran email dan file lampiran tidak lebih dari 10 MB.

Kontak Resmi

Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website resmi atau jika anda memiliki pertanyaan anda bisa menghubungi kontak yang disediakan:

Baca Juga  Beasiswa Pendidik LPDP: Beasiswa S2 S3 Untuk Guru dan Dosen

Website : THE GOVERNMENT OF BRUNEI DARUSSALAM SCHOLARSHIP

Technical Assistance Division
Department of Administration
Ministry of Foreign Affairs
Bandar Seri Begawan, BD2710
Brunei Darussalam
Tel: +673 2261177 ext. 310 / 155
Fax: + 673 2261250
E-mail: scholarship@mfa.gov.bn

Demikian informasi lengkap tentang program beasiswa Brunei Darussalam melalui program THE GOVERNMENT OF BRUNEI DARUSSALAM SCHOLARSHIP yang bisa anda coba. Silahkan bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda.

Tinggalkan komentar