Beasiswa Bidikmisi 2021-2022

Daftarbeasiswa.com| Halo sahabat daftarbeasiswa.com, informasi kali ini tentang apa itu Beasiswa Bidikmisi? Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan beasiswa bidikmisi dan apa saja sih persyaratan beasiswa bidikmisi itu sendiri? Perlu teman-teman ketahui bahwa setiap tahunnya, pemerintah selalu membuka program beasiswa yang satu ini. Jika anda mendapatkan program beasiswa ini, nantinya anda akan diberikan bantuan biaya pendidikan secara penuh. Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita bahas tentang apa itu bidikmisi?

Apa itu Beasiswa Bidikmisi?

Kita semua sepakat bahwa kemajuan suatu negara salah satunya di tentukan oleh kualitas pendidikan tinggi yang menjamin pencapaian kemajuan teknologi melalui inovasi. Namun yang menjadi kendala di Negara kita bahwa masih banyak generas mudah yang memiliki potensi dan kemampua  akademik namun memiliki keterbatasan biaya untuk melanjutkan ke kuliah ke jenjang pendidikan tinggi.

Beasiswa Bidikmisi
Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah negara kita bagi lulusan Sekolah Menangah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tapi memiliki keterbatasan dalam hal pembiayaan.

Dengan adanya program beasiswa Bidikmisi ini diharapakan dapat memutus ratai kemiskinan pada keluarga dan meningkatkan akses dan kesempatan belajar untuk insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

Siapa Saja Penerima Beasiswa Bidikmisi?

Calon Penerima Bidikmisi

Bidik misi diperuntukan untuk generasi penerus bangsa yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk melanjutkan pendidikan tinggi namun memiliki keterbatasan dana. Selain itu ada beberapa kriteria untuk calon penerima bidikmisi diantaranya:

  1. Calon mahasiswa lulusan SMA atau betuk lain yang sederajat yang memiliki keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan KIP atau terdaftar dalam BDT Kementerian Sosial;
  2. Wajib terdaftar pada sistem Bidikmisi dengan memasukkan NPSN, NISN dan NIK yang valid;
  3. Mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi dan lulus pada program studi atau perguruan tinggi yang terakreditasi;
  4. Tidak sedang menerima bantuan biaya pendidikan/beasiswa lain yang bersumber dari APBN/APBD.
Baca Juga  Beasiswa Mahaghora 2020-2021: Beasiswa D4 dan S1 Mahasiswa Baru

Mahasiswa On Going

Selain memberikan bantuan biaya pendidikan bagi semester satu (1) atau yang baru memasuki perkulahan, Bidikmisi juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa on Going, serta mahasiswa profesi  atau pascasarjana. Berikut ini Mahasiswa on Going yang bisa mendaftarkan diri pada program beasiswa S1 ini.

  1. Mahasiswa on going yang memenuhi syarat sebagai calon penerima Bidikmisi dapat diusulkan oleh :
    a. perguruan tinggi;
    b. masyarakat.
  2. Perguruan tinggi dengan pertimbangan khusus dapat mengusulkan calon penerima bidikmisi on going dengan persyaratan sebagai berikut:
    a. merupakan mahasiswa yang terdaftar dan aktif dan sedang menjalani perkuliahan pada semester normal;
    b. mahasiswa yang terancam putus kuliah (DO) karena alasan ekonomi dimana persyaratan latar belakang ekonominya mengikuti persyaratan
    umum calon penerima Bidikmisi;
    c. usulan perguruan tinggi dapat dilakukan dengan mengirimkan surat usulan berisi nama lengkap dan NIM mahasiswa yang akan diajukan sebagai
    penerima bidikmisi on going baru dan ditujukan kepada Ditjen Belmawa, Kemenristekdikti
  3. Masyarakat dengan pertimbangan khusus dapat mengusulkan calon penerima bidikmisi on going dengan persyaratan sebagai berikut:
    a. calon mahasiswa yang telah terdaftar atau mahasiswa yang telah terdaftar dan aktif di salah satu program studi pada perguruan tinggi;
    b. memiliki latar belakang ekonomi yang mengikuti persyaratan umum calon penerima Bidikmisi;
    c. usulan masyarakat dapat dilakukan dengan mengirimkan surat usulan berisi nama lengkap dan NIM mahasiswa yang akan diajukan sebagai
    penerima bidikmisi on going baru dan ditujukan kepada Ditjen Belmawa, Kemenristekdikti.

Mahasiswa Program Profesi

Mahasiswa program profesi juga bisa mendapatkan program ini asalkan mahasiswa program profesi mendapatkan beasiswa Bidikmisi pada Program Sarjana atau S1. Berikut ini kriteria mahasiswa yang bisa mencoba program bidikmisi:

  1. Mahasiswa penerima bidikmisi program profesi berasal dari :
    a. program profesi dokter;
    b. program profesi dokter gigi;
    c. program profesi dokter hewan;
    d. program profesi ners;
    e. program profesi apoteker;
    f. program pendidikan profesi guru.
  2. Mahasiswa penerima bidikmisi progam profesi merupakan mahasiswa penerima Bidikmisi pada program sarjana;
  3. Pelaksanaan program profesi harus dilaksanakan pada perguruan tinggi yang sama kecuali PPG;
  4. Mahasiswa penerima PPG hanya khusus untuk bidang STEM, namun penerima dapat berasal dari program studi keguruan dan non keguruan yang lulus seleksi;
  5. Usulan program PPG dilakukan oleh PT pelaksana;
  6. Dalam hal penerima tidak lulus sampai dengan berakhirnya jangka waktu pemberian Program Bidikmisi di jenjang sarjana, maka pembiayaan Bidikmisi untuk jenjang profesi dapat tetap dilanjutkan.
Baca Juga  Beasiswa Teladan: Beasiswa S1 Tanoto Foundation 2021

Komponen Beasiswa Bidikmisi

Bantuan yang diberikan oleh program ini salah satunya adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan langsung atau dibayarkan ke rekening perguruan tinggi.  Selain anda mendapatkan free spp, anda penerima program bidikmisi juga akan mendapatkan bantuan biaya hidup. Bantuan biaya hidup ini diberikan perbulan dan dibayarkan 6 bulan sekali. Besar biaya hidup yang diberikan adalah 700.000/mahasiswa/ semester yang dibayarkan ke rekening mahasiswa penerima.

Prosedur Pendaftaran Dan Deadline

Sangat sayang sekali jika anda tidak megikuti program beasiswa ini. Selain mendapatkan free uang kuliah anda juga akan mendapatkan biaya hidup. Jadi silahkan persiapkan diri dan persyaratannya. Lalu bagaimana cara pendaftaran beasiswa bidikmisi? Berikut ini prosedur pendaftaran bidikmisi.

Bagi siswa

  • Jika pendaftar adalah penerima KIP maka anda dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri pada website LTMPT atau Bidikmisi. Untuk pendaftar Bidikmisi jalur PMDK-PN, UMPN dan Seleksi Mandiri dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri pada website Bidikmisi sampai mendapatkan KAP dan PIN.
  • Jika anda adalah bukan Penerima KIP, maka anda harus mendaftar ke sekolah untuk direkomendasikan. Mintalah ke sekolah kamu untuk merekomendasikan kamu mendaftar pada program bidikmisi

Bagi sekolah

  • Jika sekolah anda sudah memiliki Kode Akses Sekolah, melalui operator sekolah anda bisa secara langsung merekomendasikan masing-masing siswa melalui website Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan NISN.
  • Jika sekolah anda belum memiliki Kode Akses Sekolah: mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke website Bidikmisi dengan melampirkan scan Lampiran 1 bagian persetujuan dan tanda tangan. Ditjen Belmawa Kemenristekdikti memverifikasi pendaftaran sekolah dan mengeluarkan Kode Akses Sekolah (1×24 jam pada hari dan jam kerja).
  1. Pihak sekolah memberikan nomer pendaftaran dan kode akses kepada siswa yang sudah direkomendasikan.
  2. Siswa mendaftar melalui website Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan dalam sistem pendaftaran.
  3. Bagi pelamar Bidikmisi jalur PMDK-PN, UMPN dan Seleksi Mandiri, KAP dan PIN yang didapat dari sistem Bidikmisi (yang telah dilakukan pada poin nomer 4) digunakan dalam pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi.
  4. Bagi calon mahasiswa penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, akan dilakukan verifikasi lebih lanjut dan penetapan kelayakan mahasiswa penerima Bidikmisi oleh perguruan tinggi dengan mempertimbangkan dokumen pendukung.
Baca Juga  Beasiswa OSC 2020-2021: Online Scholarship Competition

Pendaftaran setiap tahunnya dibuka mulai dari Januari s.d September tergantung jalur yang anda tempuh.

Kontak Person

Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait program beasiswa bidikmisi, silahkan kunjungi website resmi Bidikmisi berikut ini atau mengirimkan email resmi ke kontak bidikmisi

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Gedung D Lantai 4, Jalan Pintu 1 Senayan
Email: bidikmisi@ristekdikti.go.id
Website Resmi: https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Demikianlah informasi lengkap terkait program beasiswa bidikmisi. Program beasiswa ini setiap tahunnya dibuka, so siapkan diri anda dari sekarang karena banyak keuntungan yang anda dapatkan jika anda dinyatakan sebagai penerima beasiswa ini. Silahkan Join Group Whatsapp atau telegram kami untuk mendapatkan informasi terbaru terkait daftar beasiswa terbaru untuk anda.

Tinggalkan komentar